oleh

Waduh! PPPK Guru Tahap 1, Ada 179.771 Formasi Kosong

Waduh! PPPK Guru Tahap 1, Ada 179.771 Formasi Kosong. Terdapat kurang lebih dalam jumlah 179.771 formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru tahap I kosong.

Sedangkan, formasi PPPK 2021 yang sudah disediakan oleh pemerintah adalah hampir 506.247 dari target 1 juta.

Kemudian, menurut Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, kekosongan formasi itu disebabkan tidak ada pelamar. Rata-rata formasi kosong adalah berada di wilayah terpencil.

“Dari 506.247 formasi PPPK guru 2021, yang terisi pelamar hanya 328.476. Formasi kosong sebanyak 179.771,” terang Nadiem dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Jumat (23/9).

Nadiem Makarim, seperti dilansir dari Jpnn, juga mengeklaim jumlah pelamar pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sebanyak 925.637 merupakan yang terbesar dalam sejarah.

Walaupun target satu juta belum bisa dipenuhi pada tahun ini, tetapi Nadiem puas sebab separuhnya sudah terisi dan diklaim yang terbanyak.

Menteri milenial lulusan Harvard University itu menjelaskan, formasi kosong pada tes PPPK guru tahap I ada di wilayah Nias Utara, Halmahera Utara, Barito Selatan, Timo Tengah Selatan, Halmahera Tengah, Maluku Barat Daya, Halmahera Barat dan Selatan, Nias, Maluku Tengah, Pulang Pisau, Barito Timur, Lombok Barat, Kutai Barat, Halmahera Timur, Sangihe, Tanimbar.

Perihal formasi kosong tersebut, Menteri Nadiem menjelaskan akan melakukan sejumlah terobosan, misalnya dengan cara optimalisasi formasi kepada peserta yang lulus passing grade, namun tidak ada formasi.

Akan tetapi, apabla pesertanya ingin melakukan tes kembali, maka diperbolehkan mengikuti tes lagi sampai ke tahap III dan akan dilihat hasil passing grade mana yang paling tinggi.

“Saya ingin guru honorer merdeka memilih,” pungkasnya.

Ia juga menjelaskan pengolahan data hasil ujian seleksi PPPK guru 2021 tahap I masih berlangsung. Panselnas masih berembuk dalam tahap final perihal hasil ujian tersebut.

Tetapi, data 23 September, ada 29 persen dari 328.476 formasi yang ada pelamarnya telah terisi.

“Berarti sekitar 94 ribu guru honorer sudah lulus. Angka ini akan berkembang plus minus 100 ribu orang dari seluruh Indonesia akan segera diangkat menjadi guru PPPK,” ucapnya.

Perihal waktu pengumuman kelulusan tes PPPK guru 2021 tahap I, Nadiem Makariem menegaskan akan dilakukan beberapa hari ke depan.

Ia juga menambahkan, pihaknya siap mendengarkan aspirasi masyarakat dan saat ini masih memperjuangkan kebijakan afirmasi tambahan untuk daerah-daerah yang kekurangan guru dengan peserta di atas 50 tahun.

Nadiem Makariem juga menimbang saran-saran dari para pakar pendidikan perihal pentingnya menjaga integritas proses seleksi guru guna meningkatkan kualitas pendidikan untuk siswa Indonesia. (/Juni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *