Alasan di Indonesia Mengemudi di Lajur Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan Kanan

Alasan di Indonesia Mengemudi di Sisi Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan Kanan
Alasan di Indonesia Mengemudi di Sisi Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan Kanan
0 Komentar

Seperti halnya Negara Inggris, yang juga memberlakukan aturan yang sama di Indonesia, yaitu berkendara di lajur kiri.

Belanda yang tadinya menerapkan stir di kanan, akan tetapi pada saat Napoleon dari Perancis menjajah Negara Belanda, maka setelah itu Belanda merubah aturannya, yaitu memberlakukan setir di sisi kiri dan berjalan di lajur kanan.

Tetapi Indonesia tetap dengan lajur kiri dan stir kanan. Pasalnya, setelah Belanda hengkang dari Indonesia, Indonesia berlanjur dijajah, saat itu dijajah oleh Negara Jepang, yang mana Jepang memberlakukan stir kanan berjalan pada lajur kiri.

Baca Juga:Astaghfirullah, Cabuli Anak Hingga Tertular Sifilis dan Meninggal, Ini Kata KapolresDapat Restu Jokowi, 56 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Siap Jadi ASN Polri

Oleh karena itu juga, Indonesia sampai saat initetap mempertahankan stir kemudi pada sisi kanan lajur kiri.

Daftar Negara Stir Mobil di Kiri dan di Kanan

Lebih lengkap lagi, ini adalah daftar negara dengan aturan lajur kiri stir kanan dan lajur kanan stir kiri, dapat di klik pada link ini: Daftar Negara Stir Mobil Kiri Kanan

Konsistensi lajur – lajur mengemudi ini, bahwa pada negara-negara apabila negara itu menerapkan stir kemudi pada sisi kanan jalan, maka kendaraan seperti mobil dirancang agar pengemudi duduk pada bagian sisi kiri mobil.

Dan sebaliknya, mengemudi / berjalan di lajur kiri jalan, maka kursi pengemudi mobil akan ada di sisi kanan mobil tersebut. (/Juni)

 

0 Komentar