oleh

Alasan di Indonesia Mengemudi di Lajur Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan Kanan

Kenapa di Indonesia Pakai Setir Kanan?

Alasan di Indonesia Mengemudi di Lajur Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan KananMengemudi kendaraan pada lajur kiri dan juga lajur kanan jalan diketahui bisa mengurangi kemungkinan adanya kendaraan terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas.

Preihal tersebut adalah hal pokok, yang menjadikan sebuah peraturan jalan dilaksanakan.

Seperti diketahui, Berdasar populasi, terdapat sekitar 34% negara yang ada di dunia mengemudi pada lajur kiri, dan 66% pada lajur kanan.

Kemudian, menurut jarak jalan, terapat sekitar 28% mengemudi pada lajur kiri, dan 72% lajur kanan, meskipun aslinya adalah mengemudi pada lajur kiri.

Adanya penggunaan lalu lintas di suatu negara adalah rancangan yang cocok dengan adanya peraturan jalan raya, Misalnya, sisi jalan bersamaan dengan kepadatan lalu lintas.

Dengan penerapan referensi tersebut, suatu negara bisa dikatakan lalu lintas di lajur kiri atau lalu lintas di lajur kanan.

Seperti apapun, penggunaan lalu lintas terkadang disandingkan bersama adanya referensi pemasangan stir dan kursi pengemudi dalam suatu kendaraan.

Bersama istilah tersebut juga, maka suatu negara dapat dikatakan mengemudi di sebelah kiri (setir kiri) atau mengemudi di sebelah kanan (setir kanan).

Alasan di Indonesia Mengemudi di Lajur Kiri, Lengkap Daftar Negara Stir Mobil Kiri dan Kanan

Sistem Berkendara di Indonesia memakai jalur kiri yang digunakan sampai saat ini itu merupakan peninggalan dari siapa?

Alasan di Indonesia mengemudi di sisi kiri dengan setir kanan, dari berbagai sumber menyebutkan, bahwa hal tersebut disebabkan adanya status Indonesia sebagai Negara yang pernah dijajah Belanda.

Adanya suatu kebiasaan ketika berpergian di sisi kiri jalan dibawa oleh Belanda ketika pertama kali datang ke Indonesia pada 1596. Hingga saat ini, kebiasaan berjalan kaki dan juga menjalankan kendaraan di sisi kiri tetap berlaku di Indonesia. Terlebih lagi untuk kendaraan roda empat, Negara Indonesia mengadopsi setir di bagian kanan.

Lebih lanjut lagi, di Indonesia menggunakan aturan berjalan pada lajur kiri dan menggunakan setir kanan adalah tidak terlepas dari pengaruh penjajahan Inggris dan Belanda.

Seperti halnya Negara Inggris, yang juga memberlakukan aturan yang sama di Indonesia, yaitu berkendara di lajur kiri.

Belanda yang tadinya menerapkan stir di kanan, akan tetapi pada saat Napoleon dari Perancis menjajah Negara Belanda, maka setelah itu Belanda merubah aturannya, yaitu memberlakukan setir di sisi kiri dan berjalan di lajur kanan.

Tetapi Indonesia tetap dengan lajur kiri dan stir kanan. Pasalnya, setelah Belanda hengkang dari Indonesia, Indonesia berlanjur dijajah, saat itu dijajah oleh Negara Jepang, yang mana Jepang memberlakukan stir kanan berjalan pada lajur kiri.

Oleh karena itu juga, Indonesia sampai saat initetap mempertahankan stir kemudi pada sisi kanan lajur kiri.

Daftar Negara Stir Mobil di Kiri dan di Kanan

Lebih lengkap lagi, ini adalah daftar negara dengan aturan lajur kiri stir kanan dan lajur kanan stir kiri, dapat di klik pada link ini: Daftar Negara Stir Mobil Kiri Kanan

Konsistensi lajur – lajur mengemudi ini, bahwa pada negara-negara apabila negara itu menerapkan stir kemudi pada sisi kanan jalan, maka kendaraan seperti mobil dirancang agar pengemudi duduk pada bagian sisi kiri mobil.

Dan sebaliknya, mengemudi / berjalan di lajur kiri jalan, maka kursi pengemudi mobil akan ada di sisi kanan mobil tersebut. (/Juni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *