oleh

Penyebab Gigi Rusak, Makanan Ini Diam-diam Merusak Gigi

Penyebab Gigi Rusak, Makanan Ini Diam-diam berbahaya bagi Gigi. Penyebab masalah pada gigi dan gusi tidak cuma disebabkan menyikat gigi yang tidak teratur, tetapi pola makan yang tidak sehat juga disebut-sebut menjadi penyebab gigi bermasalah.

Selain membersihkan gigi secara teratur, maka kita juga bisa merawat gigi dengan mengurangi porsi asupan makanan/minuman penyebab gigi rusak.

Penyebab Gigi Rusak, Makanan Ini Diam-diam Merusak Gigi

  • Jeruk dan Permen Asam
  • Roti
  • Tomat
  • Es Batu
  • Keripik Kentang
  • Soda
  • Kopi
  • Teh
  • Es Krim
  • Minuman Olahraga
  • Alkohol
  • Buah Kering

Jeruk

Jeruk diketahui dapat merusak gigi dan gusi, sebab buah Jeruk yang digemari ini ternyata mempunyai sifat yang asam dan juga gula alami yang cukup tinggi.

Hal ini senada juga dengan permen yang asam

Untuk itu, guna mendapatkan vitamin C, tidak hanya dari buah jeruk, vitamin C bisa didapatkan dari asupan vitamin atau juga Sayur Mayur yang tinggi vitamin C dan rendah zat asam, seperti sayur brokoli, serta kacang polong

Roti

Roti diketahui memiliki zat tepung, sama halnya seperti permen, bahwa Zat tepung merupakan sebuah karbohidrat sederhana yang menggantung di sekitar mulut serta larut ke dalam jenis gula sederhana dan itu digadang-gadang jadi tempat berkembangnya kuman mulut, yakni jenis kuman penghasil asam yang dapat merusak gigi.

Tomat

Buah tomat tentu saja banyak manfaat menyehatkan, tomat digadang-gadang jadi asupan yang harus dikonsumsi, sebab buah ini kaya Likopen antioksidan untuk menurunkan resiko Stroke,

Akan tetapi, buah tomat tentu rasanya asam, hal ini yang menyebabkan gigi terkikis oleh larutan asam.

Jika mengkonsumsi Buah Tomat, jangan lupa untuk asupan menetralisirnya, yaitu daging sapi dan ayam tanpa lemak, mozarella, serta kacang-kacangan, ikan tuna

Minuman Olahraga

Minuman olahraga diketahui mempunyai gula dan asam yang tinggi, hal inilah yang diketahui akan mengikis gusi dan merusak gigi

Hal ini dibenarkan oleh studi tahun 2012 yang mendapati, adanya asam dalam minuman olahraga dapat menyerang gusi dan gigi, apabila diminum selama lima hari tanpa jeda

Apabila ingin meminum minuman olahraga sehabis berolahraga, maka sebaiknya teliti label kemasan perihal jumlah zat gula, untuk lebih simpel, setelah olahraga, maka cukup dengan minum air putih saja.

Keripik Kentang

Keripik ini diketahui memiliki kandungan Pati, yang kemudian berubah jadi gula, apabila gula terjebak maka akan menjadi makanan suatu bakteri yang hidup dalam plak gigi.

Namun, hal itu bukan artinya tak boleh mengkonsumsi makan dan minuman yang manis-manis. Hanya saja perlu membatasi makan yang manis-manis, kemudian setelah itu jangan lupa menggosok gigi usai makan yang mengandung gula dan asam.

Menggosok gigi dan berkumur moutwash 2 kali sehari diketahui dapat membantu menjadikan keasaman makanan menjadi netral. (/Juni)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *