oleh

Megawati Dilantik Sebagai Ketua Dewan BRIN, Abdillah Toha: Tuhan, Ampuni Negeriku

Megawati Dilantik Sebagai Ketua Dewan BRIN, Abdillah Toha: Tuhan, Ampuni Negeriku. Tokoh Nasional, Abdillah Toha memberikan respon atas dilantiknya Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarmo putri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Abdillah Toha mengucapkan selama kepada Megawati dan menilai bahwa pengangkatan tersebut adalah pertama dalam sejarah Indonesia dan sejarah dunia. Pasalnya, Megawati adalah sebagai ketua Partai Politik.

“Selamat kepada profesor Megawati sebagai ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Memecahkan rekor dunia, untuk pertama kali ketua partai pimpin badan riset,” tulis Abdillah Toha di akun twitter pribadinya, Kamis (14/10/2021).

Seperti diketahui, dihimpun dari FIN, Presiden Joko Widodo melantik pejabat BRIN di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021) kemarin. Sejumlah 10 pejabat dilantik termasuk Megawati sebagai ketua Dewan Pengarah BRIN.

Abdillah Toha memohon ampunan kepada Tuhan atas pelantikan itu.

Semoga Tuhan mengampuni negeriku ini” jelas Toha

Di sisi lain, Menurut Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN, sudah sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) 78/2021 tentang BRIN.

Pasal 6 Perpres 78/2021 menyebutkan, Dewan Pengarah mempunyai tugas memberikan arahan kepada kepala dalam merumuskan kebijakan dan penyelenggaraan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi, penyelenggaraan ketenaganukliran, dan penyelenggaraan keantariksaan menjadi landasan dalam perencanaan pembangunan nasional di segala bidang kehidupan yang berpedoman pada nilai Pancasila.

“Saya garis bawahi, di sini adalah ‘berpedoman pada nilai Pancasila’. Ini artinya pemerintah ingin setiap kegiatan riset dan inovasi harus berpedoman pada Pancasila,” jelas Ahmad Basarah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10).

Kemudian, ia menyinggung Pasal 7 ayat 2 Perpres tersebut yang berbunyi ‘Ketua sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a secara ex-officio berasal dari unsur Dewan Pengarah badan yang menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pembinaan ideologi Pancasila’.

“Sehingga bisa dipahami, sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP yang menyelenggarakan tugas pembinaaan ideologi Pancasila, Ibu Megawati ditunjuk untuk menjabat ex officio Dewan Pengarah BRIN,” paparnya. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *