Peringati Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki

Peringati Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki
Peringati Hari Pahlawan, Google Doodle Tampilkan Ismail Marzuki
0 Komentar

Pasundan Ekspres – Google Doodle hari ini, Rabu (10/11/2021),  memperingahti Hari Pahlawan, menampilkan komposer Indonesia Ismail Marzuki, yang lagu-lagu patriotiknya menjadikannya sebagai pahlawan nasional selama gerakan kemerdekaan bangsa.

Melansir dari Google melalui keterangannya, pada hari ini di tahun 1968, pemerintah Indonesia menghormati warisan Ismail Marzuki dengan peresmian apa yang sekarang menjadi Pusat Kesenian Jakarta – Taman Ismail Marzuki (TIM), yang berguna untuk pusat pelestarian warisan budaya Indonesia dan inovasi kreatif dalam seni rupa, musik, teater, tari, serta film

Tokoh Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat, Indonesia, pada 11 Mei 1914, pada saat itu berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda.

Baca Juga:Sering Pipis Tanda Apa Ya? Inilah PenyebabnyaTes PCR Akan Diwajibkan Lagi? Ini Kata Luhut Binsar Panjaitan

Walaupun profesi musik tak umum pada komunitas ini, Marzuki tumbuh berlatih bahkan sampai lima jam sehari untuk menguasai delapan instrumen: harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Pada usia 17, ia menggubah lagu pertama dari ratusan lagu yang akan ia hasilkan sepanjang kariernya.

Lagu-lagu Marzuki menangkap perjuangan kemerdekaan Indonesia dengan nada melankolis sekaligus mewakili ketahanan bangsa melalui melodi yang melambung.

Ia mengisi hati orang Indonesia dengan kebanggaan selama bertahun-tahun dengan menyiarkan lagu-lagunya (sembilan di antaranya menjadi lagu kebangsaan) di radio publik.

Pada tahun 1955, Marzuki mengambil alih sebagai pemimpin Orkestra Studio Jakarta yang bergengsi dan menggubah lagu Pemilihan Umum, tema musik pemilihan umum pertama di Indonesia.

Guna menghormati kontribusi budayanya, pemerintah Indonesia menobatkan Marzuki sebagai Pahlawan Nasional pada tahun 2004.

Hari ini, pengunjung b mempelajari lebih lanjut tentang Marzuki di TIM, yang memamerkan koleksi pribadinya termasuk lagu-lagu tulisan tangan dan beberapa dari banyak instrumennya.

Baca Juga:Cara Mengirim File Lebih Dari 100 Mb Lewat WAPemotor Seorang Ibu di Pantura Meninggal Dunia, Terlindas Truk

Google Doodle hari ini diilustrasikan oleh seniman yang berbasis di Indonesia, Ykha Amelz. Ia membagikan pemikirannya di balik pembuatan Doodle ini.

Menurut Ykha, musik merupakan topik yang menarik dan memiliki peran besar dalam hidup dan pekerjaannya.

“Ditambah juga ketika saya masih remaja saya sering pergi ke Taman Ismail Marzuki dekat rumah saya untuk melihat-lihat toko buku lama, menonton film, melihat planetarium, dll. Tempat ini menyimpan banyak kenangan,” ucapnya.

0 Komentar