oleh

Jitu! 7 Cara Mengatasi Sakit Leher Sebelah Kiri dan Kanan ini Patut Dicoba

Pasundan Ekspres – Nyeri pada bagian leher adalah hal yang lumrah terjadi, terlebih lagi bagi para pekerja kantoran. Terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab nyeri leher yang tentu saja dapat mengganggu kegiatan.

Penyebab nyeri leher pada umumnya disebabkan oleh:

  • Postur tidur yang kurang baik,
  • Adanya ketegangan serta stres,
  • Duduk bersandar selama berjam-jam,
  • Berbaring di kasur yang terlalu empuk,
  • Postur tubuh yang buruk.
  • Ketegangan otot dan cedera pada leher

Sangat penting untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah nyeri leher ini sejak dini untuk mencegah menjadi lebih buruk. Pertolongan pertama, bisa mencoba pengobatan rumahan secara alami untuk membantu meringankan rasa nyeri pada leher seperti penjelasan yang dilansir dari Stylecraze.

Jitu! 7 Cara Mengatasi Sakit Leher Sebelah Kiri dan Kanan ini Patut Dicoba

1. Olahraga

Olahraga dengan latihan penguatan tergantung pada penambahan beban pada otot secara progresif, dapat membuat lebih kuat dan fleksibel.

Manfaat Olahraga, selain mengurangi kekakuan, juga dapat membantu meredakan nyeri leher dan membuat leher fleksibel serta kuat.

Melakukan serangkaian latihan sederhana bisa membantu untuk meredakan nyeri leher yaitu dengan cara mengangguk kepala Anda ke depan dan ke belakang selama beberapa waktu, dan kemudian secara bertahap mulai mengangguk dari satu sisi ke sisi lain.

Lalu, setelah otot-otot merasa kurang tegang, perlahan-lahan putar kepala sepenuhnya ke arah kiri, kemudian sepenuhnya ke arah kanan. Bisa saja agak sedikit menyakitkan, jadi sebaiknya lakukan dengan perlahan dengan 20 pengulangan. Lakukan latihan ini setiap beberapa jam, dan coba rasakan apakan kekakuan mereda?

2. Yoga

Stres adalah salah satu pemicu yang dapat menyebabkan ketegangan otot.

Untuk itu, menjalankan teknik relaksasi tradisional, seperti yoga, dapat membantu tubuh menjadi santai dan meredakan ketegangan di sekitar leher dan bahu.

3. Minyak Atsiri

Minyak peppermint yang satu ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan otot yang sakit.

Minyak lavender sering digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran. Hal ini juga dapat menenangkan otot-otot tubuh. Menghilangkan stres dan kecemasan juga dapat membantu meredakan ketegangan fisik.

Minyak kemangi bersifat antispasmodik dan analgesik. Minyak itu tentu saja berguna untuk mengurangi stres dan dapat digunakan untuk mengurangi nyeri leher.

4. Akupunktur

Akupunktur merupakan metode jarum kecil dimasukkan ke titik-titik tertentu dan strategis pada kulit.

Metode seperti ini sudah banyak digunakan untuk mengobati segala jenis rasa sakit, dan penelitian merekomendasikan akupunktur menjadi salah satu alternatif pengobatan tradisional untuk bantuan jangka pendek dari sakit leher.

5. Cuka Sari Apel

Sari apel merupakan obat rumahan yang cukup baik untuk mengatasi rasa sakit leher dan kekakuan. Antioksidan dan agen anti-inflamasi yang terdapat dalam cuka sari apel dapat meredakan stres pada otot leher dan tentu saja mengurangi rasa sakit.

6. Terapi Pijat

Pijat diketahui juga dapat menyembuhkan rasa sakit di tubuh dan membantu untuk tidur lebih nyenyak. Pijat lembut atau gosok area yang sakit guna merangsang aliran darah dan meredakan ketegangan pada otot.

7. Kompres Es

Es disebut-sebut dapat membantu mengurangi peradangan pada otot usah melakukan aktivitas berat.

Melakukan kompres dengan es dapat meningkatkan vasodilatasi subkutan, yang memungkinkan aliran darah yang didinginkan kembali ke otot yang sakit pada leher. (Jpnn/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *