Dibuang Sayang! Ini 5 Manfaat Kulit Bawang Putih dan Bawang Bombay

5 Manfaat kulit bawang pdan bawang bombay(Foto: ilustrasi bawang putih)
5 Manfaat kulit bawang pdan bawang bombay(Foto: ilustrasi bawang putih)
0 Komentar

SUBANG – Bumbu dapur seperti bawang putih dan bawang bombay adalah salah satu bumbu utama yang harus ada di dapur. Pada umumnya, setelah mengupas bawang sebelum diolah kemudian kulitnya dibuang.

Padahal, kulit bawang memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan, walaupun dilihat dari penampakannya kulit bawang memang terlihat kotor dan tidak menggugah selera.

Perlu diketahui, bahwa tekstur yang tercipta dari adanya kulit bawang memiliki kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga memiliki kandungan vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Baca Juga:Sering Begadang? Ini 3 Makanan yang Cocok untuk Orang Kurang TidurMenko Airlangga Optimis 2022 Ekonomi Indonesia Terus Menagalami Pertumbuhan

Dari data penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen, dikutip dari Antara.

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Kulit bawang juga mempunyai khasiat untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka dapat memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda setelah menggunakan teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal tersebut dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas, dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Walaupun pada dasarnya kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan dari kandungan triptofan dalam teh kulit bawang bisa berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Baca Juga:Daftar Harga Sembako Hari Ini, Telur Agak Naik!Kredit UMKM Terus Tumbuh, BRI Andalkan Ultra Mikro Sebagai Sumber Pertumbuhan Baru

Apabila menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, maka bisa lebih optimal sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

0 Komentar