oleh

Dibuang Sayang! Ini 5 Manfaat Kulit Bawang Putih dan Bawang Bombay

SUBANG – Bumbu dapur seperti bawang putih dan bawang bombay adalah salah satu bumbu utama yang harus ada di dapur. Pada umumnya, setelah mengupas bawang sebelum diolah kemudian kulitnya dibuang.

Padahal, kulit bawang memiliki beragam manfaat yang bisa digunakan, walaupun dilihat dari penampakannya kulit bawang memang terlihat kotor dan tidak menggugah selera.

Perlu diketahui, bahwa tekstur yang tercipta dari adanya kulit bawang memiliki kandungan selulosa dan banyak nutrisi lainnya. Kulit bawang putih juga memiliki kandungan vitamin A dan C, serta kaya akan antioksidan fenilpropanoid anti-inflamasi.

Dari data penelitian juga menemukan bahwa kulit bawang putih memiliki sifat antimikroba yang kuat, seperti dilansir dari laman MindBodyGreen, dikutip dari Antara.

Mengupas bawang putih sebetulnya sama seperti menghilangkan antioksidan fenilpropanoid yang melindungi jantung dan membantu melawan proses penuaan serta membantu meningkatkan kekebalan dan menurunkan kolesterol.

Kulit bawang juga mempunyai khasiat untuk membuat kulit menjadi awet muda dan lebih kenyal.

Dokter kulit bersertifikat triple board Mamina Turegano, M.D., dan ibunya yang berusia 72 tahun mengatakan bahwa mereka dapat memiliki kulit yang kenyal dan tampak awet muda setelah menggunakan teh kulit bawang.

Sebuah penelitian membenarkan hal tersebut dan menjelaskan bahwa Quercetin dalam kulit bawang membantu melawan peradangan dan radikal bebas, dua hal yang dapat menyebabkan penuaan serta garis-garis halus. Quercetin juga bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Walaupun pada dasarnya kulit bawang apa pun bisa digunakan, bawang merah juga mengandung antosianin tingkat tinggi, pigmen bermanfaat yang juga anti-inflamasi dan antimikroba, dan dengan demikian dapat berkontribusi untuk mendapatkan kulit sehat yang bercahaya.

Kulit bawang yang diolah menjadi teh juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini disebabkan dari kandungan triptofan dalam teh kulit bawang bisa berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

Apabila menggabungkan kulit bawang dengan teh herbal lain yang menenangkan, seperti chamomile, maka bisa lebih optimal sebagai alat untuk membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

Di bawah ini merupakan cara untuk mengolah dan menggunakan kulit bawang hingga mendapatkan manfaatnya secara maksimal:

5 Manfaat Kulit Bawang Putih dan Bawang Bombay

Teh bawang

Cara termudah untuk menuai manfaat kulit bawang ialah melalui teh. Kulit bawang kaya akan berbagai vitamin seperti E dan C, ditambah asam amino yang disebut triptofan dan antioksidan quercetin. Faktanya, kulit bawang memiliki kandungan quercetin lebih tinggi daripada daging.

Tambahkan kulit bawang yang sudah dicuci dan dikeringkan ke dalam teh hijau saat diseduh.

Berdasar sebuah penelitian, hal itu bisa membantu meningkatkan bioavailabilitas epikatekin—senyawa bermanfaat utama, seperti EGCG, dalam teh hijau. EGCG dapat memerangi peradangan, meningkatkan penurunan berat badan, dan membantu melawan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Keripik bawang

Membuat kulit bawang putih menjadi keripik juga bisa dilakukan. Sophia Roe, koki dan pembawa acara acara TV Counter Space membagikan resep menggiurkan untuk keripik bawang putih di halaman Instagramnya.

Cara yang ia rekomendasikan adalah:

  • Masukkan kulit bawang putih ke dalam minyak zaitun,
  • Taburkan dengan sedikit garam,
  • Lalu panggang selama 10 menit pada suhu 180 derajat celcius
  • Tunggu hingga berubah menjadi “keripik” yang renyah
  • Bisa ditambahkan ke dalam salad atau menaburkannya di mana pun membutuhkan penambah rasa

Bawang panggang

Selanjutnya, kita bisa memanggang bawang putih bersama dengan kulitnya.

Tambahan gizi pada nasi

Cara untuk menambahkan gizi pada nasi ini adalah:

  • Campurkan beberapa kulit bawang ketika memasak nasi untuk menambahkan vitamin ekstra.
  • Biarkan terendam saat nasi dimasak.
  • Lalu buang kulitnya setelah dimasak.

Penambah rasa dan aroma

Cara untuk menambah rasa ini adalah:

Tambahkan kulit bawang ke dalam sup untuk aroma dan rasa yang lebih sedap.

Bawang putih dan bawang bombay adalah bahan dasar kebanyakan sup, tetapi mengapa tidak menggunakan kulitnya juga? Sebab tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga menambahkan nutrisi kulit ke dalam makanan Anda. Namun, pastikan untuk menyaring kulitnya sebelum makan.

Selain untuk Sup, kita juga dapat menggunakan kulit bawang untuk membuat kaldu sayuran untuk digunakan nanti.

Lalu, kita juga dapat menggunakan kulit bawang putih dan kulit bawang untuk membumbui hidangan gurih lainnya, seperti roti atau nasi yang baru dipanggang. Caranya yaitu:

  • Keringkan kulitnya,
  • Ubah menjadi bubuk dengan menghancurkannya dengan blender atau menggilasnya dalam food processor.

Kulit bawang merah dan bawang putih mempunyai sifat anti jamur yang membuatnya efektif untuk meredakan masalah kulit gatal, termasuk kutu air.

Hal itu dapat dilakukan dengan mengoleskan air rendaman kulit bawang bombay ke kulit Anda untuk meredakannya.

Nah, dari sekarang mari manfaatkan kulit bawang putih dan bawang bombay sebaik-baiknya. (Jawapos/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *