oleh

Afrizal Ajak Alumni Politeknik Negeri Bandung Mengabdi pada Negeri

PURWAKARTA-Pemilu Ketua Ikatan Keluarga Alumni Politeknik Negeri Bandung (IKA Polban) 2021 tinggal menghitung hari. Adapun saat ini tengah memasuki tahapan kampanye calon ketua IKA Polban yang berlangsung hingga 26 November 2021 mendatang. Sementara, pemilihan dan pengumuman ketua terpilih dijadwalkan keesokan harinya, yakni pada 27 November 2021.

Tercatat ada empat kandidat calon ketua IKA Polban. Sesuai nomor urut, keempatnya adalah Afrizal Faisal Ali (Teknik Konversi Energi 2010), Liston S. Depari (Teknik Refrigerasi dan Tata Udara 1999), Adi Budiman (Teknik Elektro 1995), dan Aslam Katutu (Teknik Sipil 1989).

Calon nomor urut 1, Afrizal Faisal Ali boleh jadi yang paling berpeluang memenangi kontestasi tersebut. Betapa tidak, Afrizal yang merupakan calon termuda ini memiliki rekam jejak yang mumpuni yang bisa menjadi modal awal baginya bilamana terpilih sebagai Ketua IKA Polban.

Dilahirkan di Gresik, 2 Juli 1991, Afrizal merupakan lulusan Diploma Teknik Konversi Energi Polban angkatan 2010 yang kemudian melanjutkan pendidikan Bachelor Degree atau S1-nya di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pria dengan senyumannya yang khas ini juga sempat mengenyam pendidikan profesional di Metropolitan School of Business and Management, United Kingdom dengan fokus Strategic Management.

Dirinya diketahui sebagai salah satu alumni Polban yang menonjol. Salah satu prestasinya adalah mengharumkan nama Polban dalam kompetisi internasional “Regional Future Energy Challenge Poster Competition” tahun 2013. Saat itu, Polban bersaing dengan beberapa mahasiswa seluruh Asia Tenggara, dan Afrizal menjadi juara dalam kompetisi tersebut dengan background satu-satunya mahasiswa Diploma pada saat itu.

Afrizal juga aktif di berbagai organisasi beberapa tahun ke belakang. Di antaranya menjabat sebagai Anggota ASELI (Asosiasi Energi Laut Indonesia) sejak 2014 hingga saat ini. Kemudian, anggota IAEE (International Association for Energy Economics) 2015 – 2017.

Di masa kuliahnya, Afrizal menjadi aktivis BEM dalam kepengurusan Departemen Luar Kampus BEM KEMA Polban. Dirinya pun menjadi pioneer dalam program Desa Biogas serta Rumah Pintar pada periode 2011 – 2013, yang kemudian dilanjutkan menjadi Ketua Kaderisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Energi Polban.

Tidak hanya itu, Afrizal Faisal Ali juga merupakan penulis Buku yang berjudul Ke Luar Negeri Ala Mahasiswa (2017), Transformotion (2020), dan Menunggang gelombang (2020). Selain itu, Afrizal seorang penggiat dalam pembinaan bola basket.

Dirinya sempat menjadi seorang manajer dari klub basket PAMA ADRO Basketball asal Kota Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan yang merupakan salah satu anggota klub internal Perbasi Kota Tanjung Tabalong. “Saat ini IKA Polban memerlukan perubahan besar dengan fundamental payung hukum jelas dan branding serta eksposur yang bagus. Karena itu, saya memutuskan untuk maju sebagai salah satu kandidat ketua umum IKA Polban,” kata pria berusia 30 tahun ini saat dihubungi melalui gawainya, Selasa (23/11).

Dirinya ingin program yang digagas bisa berjalan lebih baik, lebih multi-gerakan dan bisa memberikan dampak positif terhadap pembangunan Bangsa Indonesia. Afrizal juga ingin alumni Polban dapat lebih berkontribusi pada kampus serta dapat lebih mengabdi kepada negeri. “Khusus untuk alumni Polban yang berada di Purwakarta yang merupakan salah satu basis terbesar alumni Polban, termasuk juga Karawang, Subang, dan Bandung Barat, saya mohon dukungannya. Salurkan hak suara kawan-kawan alumni pada 27 November 2021 mendatang,” ucapnya.(add/sep)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *