oleh

Nyamuk Menyebalkan! Ini Bahan Alami Mengusir Larvanya

RAGAM-Tembakau sebagai bahan utama rokok, kerap kali diidentikan sebagai bahan baku hanya untuk rokok, padahal manfaat tembakau bisa lebih dari itu. Salah satunya untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Manfaat tembakau untuk mencegah nyamuk yang menyebalkan penyebab demam berdarah (dbd) itu diungkapkan oleh dosen dan peneliti Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Vella Rohmayani dalam sebuah talkshow virtual, Sabtu (27/11).

Ia mengklaim tembakau bisa diolah menjadi larvasida yang sangat efektif mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Penggunaan dosis rendah dari ekstrak tembakau mampu mematikan larva nyamuk Aedes sp yang merupakan vektor (hewan penular) penyakit demam berdarah,” terang Vella.

Vella mengatakan bahwa prevalensi kasus DBD di Pulau Jawa kini masih sangat tinggi. Sementara, pengendaliannya masih mengandalkan larvasida sintesis yang memiliki efek buruk bagi kesehatan manusia, lingkungan, dan bisa menyebabkan resistensi.

Oleh sebab itu, ia menilai lebih baik dengan menggunakan larvasida alami dari ekstrak tembakau sebab dinilai jauh lebih aman dan ramah lingkungan, serta sangat efektif membunuh larva nyamuk.

“Larvasida dari tembakau terbukti bisa menggantikan bahan dari sintesis atau abate,” papar dia.

Menurut Vella, temuan itu juga membuktikan bahwa tembakau dapat dimanfaatkan tidak hanya untuk bahan baku rokok, namun juga mencegah larva nyamuk menyebalkan penyebab demam berdarah dengue (dbd). (Jawapos/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *