oleh

Pengusaha Kasur Lantai, Muadin Ingin Bangun Desa Sumbersari

SUBANG-Muda, Amanah dan Dinamis (Muadin). Inilah sosok calon Kepala Desa Sumbersari Kecamatan Pagaden nomor urut 1 yang saat ini jadi idola pilihan warga desa.

Calon Kepala Desa yang murah senyum ini terus dibanjiri dukungan dari berbagai elemen masyarakat, baik itu dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta tokoh petani dan kalangan bawah lainnya.

Muadin menyampaikan, niat dan tekad ikut dalam kontastasi Pilkades serentak tahun 2021.Dia ingin berbakti kepada tanah kelahirannya, yang pernah membesarkannya sejak kecil. Serta tentunya ingin membangun desa yang lebih baik dan transparan dalam pengelolaan anggaran desa.

“Ya kalau transparan kan tidak ada yang disembunyikan, terlihat oleh masyarakat termasuk pembangunan fisik dan sumber daya manusianya,” kata Muadin.

Menurut Muadin yang telah malang melintang di dunia usaha kasur lantai hingga saat ini, membangun desa pada era kini jauh lebih mudah dibandingkan dengan era tahun 80 an atau 90 an.

Apalagi sebelum lahirnya UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, dimana desa saat itu, tidak begitu cukup punya anggaran yang besar. Sehingga kerap warga desa ikut gorol dan juga urunan kas desa untuk membangun.

Dengan lahirnya UU Desa tersebut mengatur tentang hak dan asal usul kewenangan desa, artinya desa punya kewenangan penuh untuk mengatur rumah tangganya sendiri, dengan bantuan keuangan desa dari berbagai sumber dana APBD maupun dana dari pusat seperti Dana Desa (DD).

Soal pembangunan desa, bukan hanya tentang Infrastuktur saja akan tetapi harus diimbangi dengan pembangunan sumberdaya manusia, baik di bidang sosial, budaya, pendidikan, agama dan kesehatan.

Dengan konsep pembangunan tadi, maka akan dicapai sebuah desa yang mandiri dan berswadaya, dengan tetap melibatkan warga masyarakat dalam program realisasi pembangunannya.

“Desa hanya merancang dan merencanakan alokasi anggarannya melalui musrenbang dan persetujuan BPD,” tuturnya.

Dia berharap tekad untuk membangun Desa Sumbersari ini, bisa diterima dan didukung warga. Sehingga pada pilkades yang akan digelar pada 19 Desember 2021 nanti, dirinya akan mendapat dukungan penuh dari warga dan terpilih menjadi kepala desa.

“Doakan saja biar lancar dan sukses,” pungkasnya. (dan/ysp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *