oleh

BMKG: Waspada Banjir! Akibat Potensi Hujan Lebat Berbagai Daerah

JAKARTA-Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan berbagai wilayah berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat, membuat sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada banjir.

Menurut informasi cuaca yang dihimpum dari situs BMKG Jakarta pada Kamis, BMKG memperingatkan potensi hujan lebat di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Potensi tersebut dapat terjadi juga di wilayah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku dan Papua Barat.

Lalu wilayah lain yang kemungkinan mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan ialah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tenggara.

Kemudian, untuk Jakarta, sejumlah wilayah akan mengalami cuaca cerah berawan sepanjang hari meski BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat pada sore dan jelang malam hari.

BMKG juga memperingatkan sebagian wilayah masuk dalam kategori waspada banjir pada hari ini yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

BMKG memaparkan bahwa siklon tropis “Nyatoh” terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina dan bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indoensia.

Sistem itu membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin di Laut Sulawesi bagian utara yang berperan dalam peningkatan potensi awan hujan.

Terpantau juga bibit siklon tropis 94W di barat laut Aceh yang bergerak ke barat laut menjauhi Indonesia dan bibit siklon tropis 92S yang berada di Samudera Hindia barat daya Lampung yang bergerak ke arah tenggara. (Fin/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *