oleh

Tanganai TKW Munirah di Arab Saudi, Disnakertrans Karawang Surati Kementrian Luar Negeri

KARAWANG-Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang yang sempat dikabarkan hilang selama 12 tahun tersebut, kini telah ditemukan dengan kondisi memprihatinkan. Kini, kondisi Munirah (39) yang merupakan TKW tersebut mengalami sakit-sakitan diduga akibat dari perbuatan majikannya.

Ia ditemukan oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) lain dengan kondisi terlunta-lunta disepanjang jalanan Ryadh Arab Saudi.

Sementara, pihak keluarga yang mengetahui kejadian tersebut meminta kepada Kelurahan dan Disnakertrans Karawang agar secepatnya dapat memulangkan Munirah kepada Keluarga.

“Saya minta agar Munirah jangan dipekerjakan lagi, tapi dipulangkan dan segala haknya dipenuhi,” tegas Yanto (35) adik ipar Munirah, Senin, (6/12).

Di tempat berbeda, Kepala Kelurahan Palumbonsari Kecamatan Karawang Timur, N. Fitria Yuniawati mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah melalui Disnakertrans untuk secepatnya menangani kasus Munirah. “Saya sudah berkoordinasi dengan Dinas, dan Alhamdulillah tadi juga sudah dipertemukan dengan pihak keluarga yang meminta secepatnya dipulangkan,” ujarnya.

Saat dimintai keterangan, Staff Penanganan Kasus Tenaga Kerja Indonesia Disnakertrans, Ahmad Sogiri mengatakan atas dasar permintaan dari pihak keluarga akan mengirimkan surat ke Kementerian Luar Negeri untuk segera mengupayakan ke KBRI memberikan bantuan hukum agar Munirah mendapatkan hak-haknya.

“Ini baru mendapatkan data-datanya, kita akan segera mengirimkan suratnya hari ini,” katanya.

Diketahui dari informasi yang beredar di media sosial juga, Munirah mengaku setiap hari ia disiksa oleh majikannya sehingga menyebabkan sakit-sakitan dan kekurangan gizi.

Bahkan, di tengah kondisi sakit yang tak kunjung sembuh, Munirah malah dibuang oleh majikannya. Setelah dibuang, ia mencari orang Indonesia untuk meminta pertolongan disepanjang jalanan Ryadh.

Kemudian, ia menemukan TKI lain yang berasal dari Indonesia dan menceritakan semua kejadian yang Munirah alami.(aef/use/vry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *