UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Mengusung UMKM Indonesia Tembus Pasar Global

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021: Mengusung UMKM Indonesia Tembus Pasar Global
0 Komentar

“UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 bertujuan meningkatkan kualitas UMKM agar naik kelas baik secara mindset maupun omzet. Ayo kita menyalakan harapan dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggunakan produk lokal Indonesia,” ungkapnya.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki pun mengapresiasi BRI sebagai bank yang senantiasa konsisten mendampingi UMKM, baik dari sisi pembiayaan maupun pelatihan. “Semoga UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Selama situasi pandemi, BRI terus berupaya menyelamatkan UMKM melalui restrukturisasi kredit. Total restrukturisasi kredit mencapai Rp241 triliun kepada lebih dari 2,9 juta nasabah yang mayoritas adalah UMKM. Sampai Oktober 2021, outstanding kredit direstrukturisasi BRI juga sudah menurun menjadi Rp163 triliun untuk 2,2 juta nasabah. Adapun untuk penyaluran kredit BRI hingga September 2021, nilainya mencapai Rp749,3 triliun atau setara 80,5% dari total Kredit BRI yang sebesar Rp877,6 triliun.

Baca Juga:Tingkatkan SDM Pengelolaan Koperasi DKUPP Kabupaten PurwakartaOrmas dan Yayasan di Purwakarta Dapat Kucuran Hibah Rp 9,2 Miliar

Dalam acara UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, BRI telah mengundang buyer internasional dari 30 negara yang akan dipertemukan dalam business matching. Kedua belah pihak dapat bernegosiasi dan melakukan penawaran produk UMKM nasabah binaan BRI.

Selain itu juga dihadirkan berbagai talkshow cerita inspiratif sebagai motivasi untuk pelaku UMKM. Direktur Utama BRI, Sunarso mengisi acara ini dengan berbagai cerita dan pengalaman menarik sebagai seorang banker. Ia membagikan pengalamannya selama ini dalam memajukan dan mengembangkan UMKM Indonesia.

Kemudian akan tampil juga Indrawan Nugroho, seorang konsultan inovasi dan YouTuber yang akan bercerita tentang prosesnya mengelola UMKM atau perusahaan rintisan (startup). Selain itu ada Chitra Subijakto, seorang perancang busana sekaligus peraih beberapa penghargaan penggiat lingkungan juga akan meramaikan sesi Inspiration Talks. Selanjutnya, Angkie Yudistia, seorang difabel dan pendiri usaha Thisable Enterprise juga hadir memberikan motivasi dan strategi dalam berkarya.

Tak hanya itu, BRI juga mengundang berbagai narasumber dan performer dari kalangan public figure, selebriti, penyanyi dan para ahli dari berbagai latar belakang. Untuk music performance akan menampilkan Maliq & D’Essentials. Grup tersebut akan menyanyikan lagu hits mereka sambil diiringi fashion show dari beberapa model ternama. Para model tersebut akan mengenakan produk fashion hasil kreasi UMKM.

0 Komentar