Bupati Terabas

Bupati Terabas
0 Komentar

HINGGA akhir tahun 2030, warga Subang, pengguna jalan akan menyaksikan dan menjajal jalan-jalan baru. Yaitu:

  1. Jalan Cipendeuy-Serangpanjang: 24,3 Km
  2. Jalan Lingkar Luar Subang: 26 Km
  3. Jalan Cilamaya-Patimban: 37 Km
  4. Jalan Pamanukan-Patimban: 8,2 Km
  5. Jalan Lingkar Cagak: 2,5 Km

Dari lima jalan baru itu, nomor 1-4 berhasil masuk proyek strategis nasional (PSN). Artinya akan dibiayai oleh APBN. Nomor lima, yaitu jalan Lingkar Cagak sudah dikerjakan, sebentar lagi selesai. Dibiayai oleh APBD Provinsi sebesar Rp 10 miliar.

Jalan itu sudah jadi wacana sejak lama. Jadi pembicaraan, wacana, mimpi sejak era bupati Subang dari masa ke masa. Hanya setelah macet makin terasa, setidaknya dalam 5 tahun terakhir ini, sudah tidak bisa ditunda lagi.

Baca Juga:Murah! Ini 16 Daftar Harga Hp Samsung Galaxy Baru Mulai 1 JutaanCara Ampuh Agar Terlepas dari Blokiran Whatsapp

Akhirnya di era Bupati Ruhimat ini jalan Lingkar Cagak itu dieksekusi. Ruas jalan tidak terlalu panjang, hanya 2,5 Km saja. Tapi sangat penting. Untuk mengurai kemacetan dari mulai Cijambe hingga perbatasan Ciater.

Jalan lingkar cagak itu akan dicor. Lebarnya lebih dari 10 meter. Artinya, cukup untuk kendaraan besar. Dari arah Subang akan melewati lingkar cagak ke area Perkebunan-satu arah. Dari Bandung akan melewati jalur lama (saat ini)-satu arah.

Selain lima jalur tadi, sebenarnya ada jalur lama yang diperlebar. Yaitu jalur Cupunagara-Cikole, Lembang sepanjang 8,5 Km. Menembus perbukitan. Menghubungkan perbatasan Subang-Bandung Barat.

Sementara jalan itu sebagian sudah diperlebar menggunakan APBD Subang. Sedangkan tambahan anggaran Rp 22 miliar dari APBD Provinsi gagal atau tertunda karena Covid-19. Anggaran dialihkan (refocusing).

Dari lima rute jalan baru itu, yang akan menantang yaitu rute lingkar luar Subang dan rute Cipendeuy-Serangpanjang. Keduanya akan menembus perbukitan. Lebarnya 20 meter. Jika sudah ada lingkar luar Subang maka kendaraan besar tidak perlu lagi lewat ke wilayah kota. Demikian juga bus-bus pariwisata. Mengurangi kemacetan.

Jalur Cipendeuy-Serangpanjang akan bisa memecah kemacetan dan memperpendek jarak tempuh. Kendaraan ke objek wisata Ciater atau Lembang bisa keluar tol Kalijati, menuju Cipendeuy-Serangpanjang-Jalancagak-Ciater.

Sekaligus membuat warga Serangpanjang, Sagalaherang gembira. Jika ingin bekerja di kawasan industri Cipendeuy-nanti jika sudah jadi, bisa melalui jalur ini. Demikian juga untuk menuju Tol Cipali, tidak usah muter ke Kota Subang.

0 Komentar