oleh

Manfaat Ajaib Daun Sirih untuk Wajah, Bikin Kinclong

RAGAM— Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pengobatan tradisional, ternyata manfaat daun sirih untuk wajah.

Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman rambat yang memiliki bentuk menyerupai jantung, berujung runcing, dan tumbuh berselang seling.

Ketika diraba, daunnya terasa kasar dan ketika disobek daun akan mengeluarkan bau yang sedap aromatis.

Terdapat dua jenis daun sirih yang dikenal di Indonesia, yakni daun sirih hijau (Piper Betle L.) dan daun sirih merah (Piper crocatum Ruiz).

Keduanya sudah banyak diteliti dan teruji memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk bagi kulit wajah.

Daun sirih sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu pengobatan tradisional.

Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat daun sirih untuk wajah dipercaya untuk mengobati jerawat.

Terutama, bila kamu menggunakan daun sirih hijau. Hal ini karena daun sirih sudah terbukti secara ilmiah memiliki sifat antibakteri yang sangat kuat terhadap salah satu bakteri penyebab jerawat, yakni Propionibacterium acnes.

Sebenarnya, bakteri tersebut tidak merugikan kulit wajah Anda dalam kondisi normal alias bersih dan bebas dari kotoran yang menyumbat pori-pori.

Hanya, ketika kelenjar keringat dan kelenjar sebasea menghasilkan air, asam amino, urea, garam, dan asam lemak, bakteri ini seperti mendapat nutrisi untuk merusak wajah kamu dengan menumbuhkan jerawat meradang.

Cara menggunakan daun sirih untuk jerawat, kamu hanya membutuhkan larutan daun sirih dengan konsentrasi 20 mg/ml.

Manfaat rebusan air daun sirih untuk wajah ini diyakini karena tanaman tersebut mengandung fenol dan turunannya, terutama tanin, flavonoid, dan saponin, yang diketahui sebagai antibakteri.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *