Kode Angka Pada Buah Impor! Ketahui Sebelum Membeli

Kode Angka Pada Buah Impor! Ketahui Sebelum Membeli
Kode Angka Pada Buah Impor! Ketahui Sebelum Membeli
0 Komentar

RAGAM – Mungkin dari kita ada yang belum mengetahui, tentang kode angka pada stiker yang menempel pada buah impor ternyata mempunyai arti khusus yang menjelaskan kondisi dan asal usul buah tersebut.

Contohnya adalah pada buah apel impor yang tertulis kode Price-Look Up atau PLU.

Kode PLU pada buah merupakan sebuah kode yang terdiri dari empat atau lima digit angka yang tertulis pada stiker pada buah-buahan.

Baca Juga:Menko Airlangga Sampaikan Arah Pengembangan UMKM di Masa Mendatang Agar Berdaya Saing Tinggi Saat Beri Penghargaan KURBupati dan Pejabat Sudah Divaksin Booster Covid-19, Ini Masyarakat yang Jadi Sasaran Vaksinasi!

Kode tersebut telah digunakan sejak tahun 1990 di supermarket. Di bawah ini seperti dilansir dari Fin, terdapat arti kode pada buah apel yang sebaiknya kita ketahui.

1. Apabila kode terdiri dari 5 digit dimulai dari angka 9, artinya buah itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik.

Contoh, apel dengan kode 94139 artinya tumbuh organik.

2. Jika ada 4 digit, artinya buah Apel itu tumbuh secara konvensional dengan penggunaan pupuk non organik.

Contohnya buah apel yang terdapat kode 4131.

3. Apabila kode terdiri dari 5 digit dan dimulai dari angka 8, berarti buah apel tersebut merupakan hasil rekayasa genetika.

Misalnya apel hasil rekayasa genetik memiliki kode 84139.

Dengan mengetahui ketiga arti kode angka pada buah apel impor, setidaknya kita dapat menyesuaikan buah apel apa yang kita inginkan. (Jni)

0 Komentar