Tanpa APBD, Pasar Ciasem Dibangun secara Swadaya oleh Pedagang Senilai RP10 Miliar

Tanpa APBD, Pasar Ciasem Dibangun secara Swadaya oleh Pedagang Senilai RP10 Miliar
YOGI MIFTAHUL FAHMI PASUNDAN EKSPRES GROUNDBREAKING: Bupati Subang Ruhimat menandai pembangunan Pasar Ciasem yang dibangun secara swadaya oleh pedagang atau non APBD.
0 Komentar

CIASEM-Pembangunan Pasar Ciasem telah dimulai ditandai dengan Groundbreaking pembangunan oleh Bupati Subang H Ruhimat. Pembangunan Pasar yang menelan dana diatas Rp 20 Miliar ini dikerjakan secara swadaya para pedagang Pasar melalui Badan Perwakilan Pedagang Pasar (BP3) Ciasem dan melibatkan pengembang pihak ketiga. Pasar ini ditargetkan rampung akhir tahun 2022 atau pembangunan nya ditargetkan bisa selesai dalam 9-12 bulan kedepan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) H. Yayat Sudrajat mengatakan, untuk pembangunan pasar ini sebagai salah satu percontohan di Subang. Kerjasama pembangunan pasar Ciasem ini kerjasama Pemkab Subang dengan BP3 Ciasem serta pengembang. “Seluruh kegiatan baik secara administratif dan yang dituangkan dalam MoU mewakili kedua belah pihak, yang memanfaatkan ruang tanah seluas 3.500 meter persegi dari bagian yang paling depan dari total lahan Pemda sebesar 6.000 meter persegi,” ujarnya.

Dia menyebut dengan tempat yang strategis tersebut bisa membuat pasar rakyat, dibangun dua lantai di bagian depan dengan total anggaran Rp 27 miliar. “Total nanti ada 154 toko dan 26 ruko yang membuat pasar ini lebih modern, nyaman dan bersih serta tertata dan tertib,” jelasnya.

Baca Juga:Jelang Subang PPKM Level 1, Delapan Kasus Baru DitemukanPatroli Gabungan Hadang Aksi Geng Motor

Sementara itu, Bupati Subang H Ruhimat memberikan apresiasi pada BP3 serta pengembang pembangunan pasar Ciasem. Sebab, tanpa kucuran dana APBD Kabupaten serta Provinsi maupun pusat, pasar tersebut bisa dibangun secara swadaya yang melibatkan pedagang pasar melalui BP3. “Ini saya acungi jempol supaya kedepan tercipta kenyamanan, ketertiban,dan kesejahteraan bagi para pedagang. Pengembang H. Agus juga diapresiasi. Atas nama Pemerintah dan pribadi, mengucapkan selamat dan apresiasi pada BP3 Ciasem dan warga pasar Ciasem dalam membangun pasar tanpa menggunakan dana dari Pemerintah,” ucapnya.

Bahkan ia menyebutkan, pembangunan Pasar Ciasem ini menjadi role model tidak hanya bagi Subang mungkin di Jawa Barat dan nasional. “Sebab pembangunan Pasar tersebut dilakukan melibatkan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Subang yang memiliki lahan tersebut, pengembang dan wadah pedagang pasar melalui BP3,” ujar Kang Jimat sapaan akrab Bupati.

Tentunya Bupati juga berharap pembanguan ini akan berdampak pada meningkatnya pedagang dan konsumen yang berbelanja. “Ketika pasar ini jadi tentunya diharapkan dengan pasar yang lebih modern tertib, aman, nyaman dan indah baik pedagang maupun konsumen juga bisa terfasilitasi. Dan roda ekonomi di Ciasem semakin meningkat dan membuat kesejahteraan bagi pedagang juga masyarakat,” jelasnya.

0 Komentar