oleh

VIRAL Video Mandau Terbang, Tokoh Adat Dayak: Tangkap Edy Mulyadi!

VIRAL – Belum lama ini, beredar video di media sosial, tentang mandau terbang, dan dalam video tersebut salah satu tokoh adat Dayak Kalimantan mendesak Mabes Polri agar mengusut tuntas kasus Edy Mulyadi.

Seperti diketahui sebelumnya, Edy Mulyadi diduga menghina Kalimantan dengan menyebut kota tersebut merupakan tempat ‘jin buang anak’.

Perihal ucapan Edy Mulyadi, banyak netizen yang geram dan mengecamnya. Salah satunya tokoh Dayak Kalimantan.

Video diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo pada Senin 24 Januari 2022.

Dalam tayangan video itu, dilansir via Fajar.co.id, dalam postingan akun instagram itu tokoh adat Dayak Kalimantan meminta Mabes Polri menangkap Edy Mulyadi. Apabila tidak disikapi dalam 1x24jam, dengan tegas mereka akan mengambil sikap tegas mengawal kasus Edy Mulyadi.

“Meminta mabes Polri menangkap Edy Mulyadi untuk diproses sesuai hukum yang berlaku,” terang tokoh adat. Tidak hanya itu, tokoh adat itu juga terlihat mengacungkan pedang seraya menunjukkan kemarahannya.

“Kamu Mau Ini? Saya Siap,” terang seseorang sambil mengacukan pedang khas Kalimantan (mandau).

Bahkan dalam video juga terlihat pedang (Mandau) terbang dan bergerak sendiri di atas meja. Sontak ketika warganet lainnya melihat unggahan itu langsung berikan pendapat di kolom komentar.

“Nah ini dia yg di tunggu tunggu! Lanjut terus!!!” ritz13

Artis Ayu Anjani pun berkomentar:

“Gw liat ini merinding, ipar gw org Pontianak soalnya asli Dayak” real.ayuanjani.

“Apa kabar warga Bekasi yg dibully daerahnya sama warga lain diindonesia yak?” @adiadrian

VIRAL Video Mandau Terbang, Tokoh Adat Dayak: Tangkap Edy Mulyadi!

Sekedar informasi, seperti dilansir dari berbagai sumber, Mandau merupakan senjata tajam sejenis parang yang asli berasal dari kebudayaan suku Dayak di Kalimantan.

Mandau dikemas dengan sangat indah dan cantik. Setiap bagiannya terdapat ukiran-ukiran unik khas suku Dayak. Di gagangnya, dihiasi dengan bulu burung, tanduk rusa atau pernak-pernik lain yang tentu saja menjadi nilai estetika.

Berdasar dari sejarah, senjata Mandaui kemungkinan pertama kali digunakan oleh suku Dayak, pada era abad ke-17 atau ke-18. Mandau juga digunakan ketika orang-orang Dayak berburu hewan.

Suku-suku Dayak di Kalimantan pada zaman dahulu sering berperang, dan senjata utamanya ialah Mandau. Selain sumpit yang tidak kalah mematikan.

Senjata Mandau tidak main-main tajamnya. Tetapi, tidak cuma perihal kemampuan menyayat atau menebas saja, berbicara Mandau, tentu saja banyak keindahan tersendiri. (Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.