Besok Ridwan Kamil Resmikan Pasar Pusakajaya Subang

Besok Ridwan Kamil Resmikan Pasar Pusakajaya Subang
YOGI MIFTAHUL FAHMI/PASUNDAN EKSPRES REPRESENTATIF: Kondisi Pasar Pusakajaya yang didanai Provinsi Jawa Barat menjadi lebih megah dan representatif. -----
0 Komentar

SUBANG-Pasar Pusakajaya segera diresmikan oleh Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil. Rencananya peresmian akan dilaksanakan pada Sabtu (27/1). Persiapan peresmian Pasar Pusakajaya ini dipimpin oleh Asda II Setda Subang, dr Nunung Syuhaeri.

Asda II Setda Subang, dr Nunung mengatakan, persiapan ini dilakukan menjelang pelaksanaan peresmian Pasar Pusakajaya yang sebelumnya dibangun dari dana Bantuan Provinsi Jawa Barat.

“Ini persiapan akhir, terkait kedatangan pak Gubernur akan datang untuk meresmikan pasar ini, termasuk pak Bupati dan jajaran Forkopimda yang mendampingi,” imbuhnya.

Baca Juga:Minta Kejelasan, DPMPSTP Subang Panggil Pengembang Mal Pelayanan PublikHolding PT SS Kapalkan 8000 Mobil di Patimban, Hingga Jalin Kerjasama dengan Berbagai Perusahaan

Sementara itu, Kabid Pasar DKUPP Subang Junaedi pembangunan ini merupakan dana hibah dari Provinsi Jawa Barat. Belum lama ini, kepastian rencana peresmian baru akan dilaksanakan pada 29 Desember 2021. “Insyaallah pada Sabtu besok pak Gubernur akan secara langsung meresmikan pasar ini,” jelasnya.

Ditempat yang sama Camat Pusakajaya Drs Vino Subriadi mengatakan, pihaknya siap mendukung kelancaran acara peresmian Pasar Pusakajaya tersebut. “Ini seringkali disebut Pasar Pusakanagara, tidak apa-apa, sekarang ini pasar semakin representasi dan ke depan bisa menjadi Pasar Pusakanagara Jaya,” imbuhnya.

Terkait pembangunannya selama ini, beberapa waktu lalu PPK pembangunan dari DKUPP Eva Subekti menyebut, ke depan akan ada 146 kios di Pasar Pusakajaya. “Ini dibangun dari dana provinsi, untuk pasar 1 lantai dengan total kapasitas 146 kios,” imbuhnya.

Eva menambahkan, dalam perencanaan awal pembangunan Pasar Pusakajaya ini diestimasikan akan menghabiskan anggaran senilai Rp 25 Miliar.  Namun akibat ada pengurangan anggaran dalam masa-masa seperti ini, realisasi untuk saat ini sebesar Rp10,7 miliar.

“Memang dulu perencanaan awalnya, ini kan disiapkan Pemerintah Provinsi untuk menjadi pasar modern. Namun karena adanya pengurangan anggaran, berdampak pada luasan ya yang berkurang. Tapi kalau untuk konstruksi pasarnya sih tidak ada ya, masih sesuai,” ujar Eva.

Pasar Pusakajaya ini, ke depan akan terintegrasi dengan lahan parkir yang memadai. Meskipun demikian, ia mengakui, jika sampai pada perencanaan awal pembangunan pasar ini masih jauh.

“Ini dibangun di atas lahan 2 hektare, ada nanti untuk parkir juga. Tapi tidak sampai selesai, tapi lahannya ada. Sebab, untuk menuju perencanaan awal kan jaraknya masih cukup jauh ya. Tapi terpenting kita fokus ke bangunan utama pasarnya dulu. Ke depan kita juga harapkan pembangunan dan pengembangannya terus berjalan,” imbuhnya.(ygi/vry)

0 Komentar