oleh

Letak Makam Nyai Subang Larang, Setelah Dibuang Prabu Siliwangi!

KISAH – Nyi Subang Larang adalah seorang istri yang begitu dicintai oleh Prabu Siliwangi, akan tetapi ia dibuang akibat ketahuan memeluk agama Islam pada waktu itu.

Saat ini, setelah sekian lama berlalu, masih menjadi pertanyaan, tentang letak makam Nyai Larang Subag tersebut.

Sampai saat ini diketahui terdapat Situs “Nyai Subang Larang di Kabupaten Subang” yang mana dipercaya adalah “Makam Nyai Subang Larang”.

Letak Makam Nyai Subang Larang tersebut diketahui ada di Kawasan Teluk Agung, tepatnya di Desa Nanggerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang.

Wilayah yang lebih dikenal dengan Astana Panjang atau Muara Jati ini termasuk saksi dari sejarah dan riwayat perjalanan hidup seorang tokoh legendaris wanita tatar Pasundan (kini Jawa Barat—red) pada sekitar abad 16-17 masehi.

Letak Makam Nyai Larang Subang, Setelah Dibuang Prabu Siliwangi!

Berdasar Carita Purwaka Caruban Nagari (CPCN), Subang Larang bernama asli Kubang Kencana Ningrum. Nyai Subang Larang lahir pada 1404 M, lalu wafat pada tahun 1441.

Di samping itu, terdapat cerita lain yang menyebutkan, bahwa Nyai Subang Larang wafat pada usia 40 tahun. Jika benar wafat pada usia tersebut, maka seharusnya ia wafat pada tahun 1444.

Walaupun telah diklaim sebagai makam Nyai Subang Larang yag kemudian menjadi wisata religi, akan tetapi secara pasti perihal kebenaranya, masih diragukan sejumlah khalayak.

Apalai, sampai saat ini, belum didapati catatan sejarah beserta bukti ilmiah yang mendukung Nyai Subang Larang dimakamkan di tempat tersebut.

Cuma ada sebagian jejak kehidupannya yang bisa ditelusuri sesuai dari catatan sejarah yang juga masih sangat terbatas. (RC/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.