Do’a Keluar Rumah dan Manfaatnya! Berkah dan Terhindar dari Kejahatan

Do'a Keluar Rumah dan Manfaatnya! Berkah dan Terhindar dari Kejahatan (ilustrasi berdo'a)
Do'a Keluar Rumah dan Manfaatnya! Berkah dan Terhindar dari Kejahatan (ilustrasi berdo'a)
0 Komentar

RELIGI – Memulai setiap aktivitas dengan niat baik dan membaca Bimsillah serta do’a adalah salah satu ajaran agama Islam. Selain agar bernilai ibadah, keberkahan, dan juga diharapkan agar menjauhkan dari hal-hal negatif.

Salah satunya do’a yang sebaiknya dilaksanakan adalah membaca do’a saat keluar rumah. Dengan harapan Allah SWT akan menjaga kita dari semua mara bahaya selama di luar rumah.

Dari hadit’s Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:Universitas Terbuka Tawarkan Kuliah dengan Jadwal Fleksibel dan Biaya TerjangkauKeistimewaan Bulan Rajab dan Arti Bulan Rajab dalam Islam

“Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca ‘Bismillaah, tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah’, maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi’.”

Hal itu berarti, seorang Muslim yang memanjatkan do’a ketika keluar rumah, maka akan dijauhkan dari gangguan setan dan senantiasa diberikan petunjuk oleh Allah SWT.

Do’a Keluar Rumah dan Manfaatnya! Berkah dan Terhindar dari Kejahatan

  • Adapun bacaan doa keluar rumah singkat yang dimaksud Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut:

· بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ

Bismillaah tawakkaltu ‘alallaah laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (HR Abu Daud Nomor 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan Al Albani)

Berdasarkan riwayat dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW setiap beraktivitas keluar rumah, selalu menengadahkan pandangan ke langit.

Rasul kemudian membaca doa keluar rumah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT, walaupun beliau adalah seorang Nabi.

  • Do’a keluar rumah dan artinya yang dibaca Rasulullah SAW ketika berada di luar rumah yaitu sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Baca Juga:Harga Minyak Goreng di Subang Masih TinggiDLH Kabupaten Purwakarta: Limbah IBR Tak Mengalir ke Kolam Warga

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi.” (HR Abu Dawud Nomor 5094, Nasai 5486, Ibnu Majah 3884, dan disahihkan Al Albani).

0 Komentar