Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN TUBUH
0 Komentar

RAGAM– Kunyit dikenal sebagai bumbu dapur. Meski begitu, manfaat kunyit tak hanya untuk melezatkan masakan, tetapi juga baik untuk kesehatan, seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, masih ada banyak manfaat kunyit untuk kesehatan.

Selain sebagai bahan masakan, kunyit juga telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional. Hal ini karena kandungan kurkumin yang terdapat pada rimpang kunyit.

Selain memberi warna pada kunyit, kurkumin juga diduga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Kunyit

Di dalam 100 gram kunyit, terkandung beragam nutrisi berikut ini:

Baca Juga:Sambut Kawasan Industri, PLN Bangun SUTT di Kecamatan CipunagaraAgar Pelayanan Prima, Pemdes Bojongkeding Rehab Kantor Desa

  • 10 gram protein
  • 168 miligram kalsium
  • 208 miligram magnesium
  • 299 miligram fosfor
  • 2 gram kalium
  • 1 miligram vitamin C
  • 55 miligram zat besi

Berkat kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, kunyit memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti:

  1. Mengatasi masalah kulit

Berkat sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam gangguan kulit, seperti jerawat, eksim, penuaan dini, dan psoriasis.

Selain itu manfaat kunyit yang bisa Kamu dapatkan yaitu seperti mencegah penyakit Alzheimer, menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan menjaga kesehatan mata. Namun, semua ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan efektivitasnya bagi kesehatan tubuh.

  1. Meredakan rasa gatal pada kulit

Studi menunjukkan bahwa kunyit dapat meredakan gatal pada kulit yang disebabkan oleh penyakit ginjal kronis.

Kamu bisa mengonsumsi kunyit 3 kali sehari selama 8 minggu, dengan mengombinasikan produk yang mengandung kurkumin dan ekstrak lada hitam guna meredakan rasa gatal ini.

  1. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Kunyit diketahui dapat mencegah penyakit jantung karena mengandung kurkumin yang mampu meningkatkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah.

Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas kunyit dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:Kedepankan Hati Nurani Penuhi Rasa Keadilan, Sekretaris Jampidum: Memaafkan dan IkhlasDiduga Tak Bayar Gaji Karyawan, Disnaker Sidak PT Cipta Dua Sejahtera

  1. Meringankan gangguan menstruasi

Studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung kurkumin dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Tak hanya itu, kunyit juga diketahui dapat meredakan kram yang umum dialami wanita selama menstruasi. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

0 Komentar