Sekitar 113.000 Orang Akan Kunjungi Subang Saat Porprov, Siap-siap Pelaku Usaha Dapat Untung

Sekitar 113.000 Orang Akan Kunjungi Subang Saat Porprov, Siap-siap Pelaku Usaha Dapat Untung
Sekitar 113.000 Orang Akan Kunjungi Subang Saat Porprov, Siap-siap Pelaku Usaha Dapat Untung
0 Komentar

SUBANGPorprov XIV Jawa Barat, yang akan digelar tahun ini di Subang akan memberikan efek domino. Tidak hanya kemajuan bagi dunia olahraga, dunia ekonomi juga akan terdampak dengan digelarnya Porprov XIV yang rencananya digelar pada November mendatang.

Ada 17 Cabor yang dipertandingkan di Kabupaten Subang. Ribuan hingga puluhan ribu atau mungkin ratusan ribu orang baik atlet, pelatih, crew bahkan suporter akan memenuhi Subang dalam pelaksanaan Porprov tersebut.

Ketua KONI Subang, Asep Rochman Dimyati (ARD) memprediksi sekitar 113.000 orang akan mengunjungi Subang dalam sepekan pada pelaksanaan Porprov 2022.

Baca Juga:Kelebihan Motor Honda ADV 150, Motor Resmi MotoGP 2022 Mandalika!Sejarah Es Goyobod, Minuman Segar dari Tatar Sunda

“Ini dihitung dari jumlah Cabor yang dipertandingkan dikalikan dengan atlet yang akan bermain, secara ekonomi ini seharusnya bisa ditangkap sebagai peluang,” terangnya pada Rabu (16/2).

Mulai dari pedagang kecil atau UMKM, penyedia jasa transportasi, bahkan hotel dan pelaku usaha pariwisata lain, akan ikut merasakan manfaat Porprov.

Dalam pelaksanaan Babak Kualifikasi Porprov beberapa waktu lalu, kata Asep hotel sudah kecipratan berkah Porprov.

“Dari data total 1.446 kamar hotel yang tersedia di Subang, 750 kamar terisi para pelatih, atlet, dan official Cabor yang melangsungkan Babak Kualifikasi di Subang, jika dihitung hotel-hotel berhasil meraup keuntungan Rp262.500.000 dalam waktu tiga hari,” tegas Asep.

Perhitungan tersebut Asep dapati jika rata-rata harga kamar Rp350.000 per malam, sementara saat BK, menurutnya Subang dikunjungi sekitar 3000 orang dalam satu minggu.

“Itu belum termasuk dari pos makanan, dan handycraft,” katanya lagi.

Soal efek domino penyelenggaraan Porprov Jawa Barat 2022 juga diakui Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi. Dia berharap setiap stakeholder bisa optimal memanfaatkan momen Porprov tersebut.

“Tentu akan memberikan banyak manfaat terlebih bagi olahraga dan bidang ekonomi kita, makanya saya tegaskan untuk seurius manfaatkan dan ambil peluang tersebut,” kata Agus dalam beberapa kesempatan.(idr/ysp)

0 Komentar