oleh

Kampung Boneka Jadi Destinasi Wisata Baru di Cikampek Karawang

KARAWANG-Kecamatan Cikampek dinilai memiliki segudang potensi ekonomi. Hal itu terungkap dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Cikampek dengan tema “Penguatan Ekonomi Kerakyatan yang Berbasis Potensi Lokal dan Ekonomi Kreatif”, Kamis (17/2) di Aula Kantor Kecamatan Cikampek.

Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar mengatakan, Cikampek memiliki segudang potensi ekonomi kreatif. Salah satu yang sudah terkenal adalah produk boneka yang ada di Desa Cikampek Kota dan Cikampek Utara.

“Cikampek sudah memiliki produk ekonomi kreatif yang sudah jadi, tinggal bagaimana pemerintah daerah (pemda) menata ini sebaik mungkin,” ujarnya usai mengikuti Musrembang Kecamatan Cikampek.

Ia menuturkan, Kampung Boneka di Cikampek jangan hanya menjadi tempat produksi, tapi juga bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. Tentunya hal itu bisa terwujud saat dilakukan pembangunan infrastruktur penunjang.

“Infrastruktur penunjang harus dibangun. Coba kalau ada gapura yang bagus dan unik. Dilakukan penataan infrastruktur yang iconic soal Kampung Boneka dan lainnya. Potensi ini bisa menjadi wisata baru seperti yang ada di Kota-kota wisata di Jawa Tengah,” ungkapnya.

Wakil Ketua III DPRD Karawang, Anggi Rostiana Tarmadi mengatakan, soal ekonomi kreatif sektor wisata, Cikampek juga memiliki Situ Kamojing dan Kebon Kembang yang sejak dulu sangat diminati oleh masyarakat. Namun hingga saat ini tidak pernah dilakukan penataan di lokasi tersebut yang mengarah kepada pariwisata.

“Maka saya minta agar pemerintah daerah bisa berkoordinasi dengan pihak berwenang di lahan tersebut untuk melakukan penataan, serta pembangunan infrastruktur pariwisata,” ucapnya.

Menurut Anggi, saat ekonomi kreatif pada sektor pariwisata di Cikampek bisa dikembangkan dan dikelola dengan baik, hal itu akan berdampak kepada meningkatnya ekonomi kerakyatan.(use/vry)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.