oleh

Minum Susu Sebaiknya Setelah Olahraga atau Sebelum Olahraga? Ini Manfaatnya

KESEHATAN – Olahraga adalah aktivitas yang melelahkan. Biasanya suhu tubuh menjadi panas, berkeringat dan yang paling sering adalah merasa haus.

Biasanya air mineral menjadi pilihan utama minuman pengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga. Namun itu saja tidaklah cukup, kita butuh minuman yang dapat meredakan haus sekaligus sumber energi untuk tubuh kita.

Maka dari itu, susu segar menjadi minuman yang direkomendasikan setelah berolahraga. Meminum susu setelah berolahraga adalah kebiasaan yang baik karena susu mengandung protein dan karbohidrat baik yang berfungsi untuk memulihkan energi.

Minum Susu Sebaiknya Setelah Olahraga atau Sebelum Olahraga? Ini Manfaatnya

1. Memulihkan cairan tubuh.
Minum susu bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang tidak suka minum air putih setelah berolahraga. Karena susu mendangung zat gizi dan kalori yang bermanfaat bagi tubuh.

2. Memulihkan elektrolit tubuh.
Elektrolit yaitu mineral bermuatan listrik yang ada dalam cairan dalam berbagai jaringan tubuh. Kita tidak dapat mengembalikan elektrolit hanya dengan minum air putih.

Untungnya susu mengandung elektrolit berupa kalsium, kalium, dan natrium. Ketiga mineral ini bisa membantu mencegah masalah kesehatan akibat ketidakseimbangan elektrolit.

3. Membantu mengurangi lemak
Olahraga akan membakar kalori, sedangkan susu membantu kita membatasi asupan kalori. Dengan meminum susu setelah olahraga maka pembakaran lemak dalam tubuh meningkat. Sehingga lemak berkurang lebih cepat dari biasanya.

4. Susu lebih lama dicerna.
Susu lebih lama dicerna daripada air mineral dan minuman isotonik lainnya. Maka dari itu, minum susu setelah berolahraga akan membuat tubuh tidak terhidrasi. Hal tersebut terjadi karena kandungan lemak yang terdapat dalam susu.

Kandungan lemak tersebut justru bisa membantu kita menurunkan berat badan. Karena saat kita minum susu setelah berolahraga susu dicerna secara perlahan dan membuat kita kenyang lebih lama. Oleh karenanya minum susu bisa mengurangi tingkat rasa lapar pada tubuh kita.

Menurut pakar dan ahli meminum susu dinyatakan sebagai minuman nomor satu untuk dikonsumsi setelah berolahraga. (Cdp/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.