oleh

Ciri Khas Bebek Betutu, Kuliner Legendaris asal Bali

KULINER – Bebek betutu adalah kuliner khas Bali yang begitu popular. Hidangan ini banyak digemari karena tekstur dagingnya yang sangat empuk dan bumbunya yang meresap.

Tak hanya itu, rasa gurih dan pedas ketika disantap menjadikan hidangan ini sering dijadikan sebagai menu utama atau salah satu lauk di nasi campur Bali.

Cara membuatnya sangat mudah, dengan berbahan utama bebek utuh muda kemudian bersihkan kulitnya terlebih dahulu agar tekstur bebek cepat empuk saat dimasak.

Ciri Khas Bebek Betutu, Kuliner Legendaris asal Bali

Sedangkan rahasia dari kelezatan hidangan ini terletak pada bumbu-bumbu yang digunakan serta proses memasaknya.

Proses memasaknya ialah dengan di panggang dalam api sekam selama enam sampai delapan jam. Proses pemanggangan yang lama dapat membuat daging bebek lebih empuk dan bumbunya lebih meresap.

Sejarah hidangan khas Bali ini mulanya pengaruh budaya Majapahit yang merupakan pemeluk agama hindu yang akhirnya pergi ke wikayah Bali dan berkembang ke kawasan Gilimanuk, Jembarana.

Bebek betutu kini ibarat ikon kuliner khas Bali yang sangat dikenal wisatawan Lokal maupun Mancanega. Dulunya, hidangan ini hanya disajikan saat upacara adat.

Namun sekarang bebek betutu mudah dijumpai karena telah merambah ke beberapa kota besar di Indonesia. (Cdp/Jni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.