Sering Ngantuk di Siang Hari? Hati-hati Terkena Penyakit Ini

Sering Ngantuk di Siang Hari? Hati-hati Terkena Penyakit Ini
Sering Ngantuk di Siang Hari? Hati-hati Terkena Penyakit Ini. Foto : beautynesia.id
0 Komentar

Health – Mengantuk adalah salah satu reaksi dari tubuh, saat seseorang mengalami rasa lelah. Maka tidur pada malam hari menjadi obat untuk kembali memulihkan stamina.

Menjadi tanda tanya apabila kantuk itu datang pada saat jam kerja. Menurut para ahli, mengantuk pada saat jam kerja atau di siang bolong disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan.

Salah satunya adalah penyakit gula atau diabetes. Mereka yang diabetes umumnya merasa ngantuk setelah jam makan. Hal ini menandakan kadar gula dalam tubuh sedang tinggi-tingginya.

Baca Juga:Wagub Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Percepatan Penurunan StuntingMenko Airlangga Apresiasi Brand Kopi Lokal yang Melantai di Lantai Bursa dan Menguasai Pasar Luar Negeri

Selain diabetes, penyakit yang dapat dihubungkan dengan rasa kantuk adalah anemia. Rasa kantuk pada mereka yang anemia adalah disebabkan rendahnya kandungan zat besi dalam tubuh.

Kuranganya pasokan oksigen di dalam darah, menjadi salah satu alasan mengapa penderita anemia kerap dihantui rasa kantuk.

Mereka yang juga punya penyakit jantung menurut para ahli sering bermasalah dengan tidurnya di malam hari. Akibatnya saat terlihat siang harinya. Sama halnya juga mereka yang menderita darah tinggi.

Sementara itu pada mereka yang mengalami obesitas, atau berat badan berlebih, masalah metabolisme tubuh adalah menjadi asal mula rasa kantuk itu datang di waktu yang tidak tepat.

Seperti halnya penderita diabetes, mereka yang obesitas sering mengantuk di siang hari, selain juga seusai menyantap makanan.

Obesitas atau kegemukan memang berakibat pada sistem metabolisme tubuh dan sistem kerja organ tubuh. Biasanya orang yang memiliki berat badan berlebihan akan sering merasa mengantuk pada siang hari atau sesudah makan.

Dari sekian banyak akibat yang dialami oleh mereka yang bermasalah dengan tidurnya tentu tidak boleh melupakan dalam daftar ini.

Baca Juga:Cerita Maret Bersejarah di Subang, Tonggak Kemerdekaan Indonesia (Bagian 2)Deretan Orang Terkaya Di Indonesia 2022 Tanpa Julukan Crazy Rich, Tajir Melintir!

Terdapat macam-macam  gangguan tidur, yang mengakibatkan seseorang bisa mudah mengantuk di siang harinya.

Mereka yang mengalami gangguan pernapasan, gelisah, cemas dan mendengkur saat tidur adalah mereka yang pastinya akan berhadapan dengan ancaman kantuk di siang bolong.

Berikut Cara Untuk Mengatasi Kantuk

Menurut penggagas jurus Sehat Rasulluah, dr. Zaidul Akbar, rasa kantuk dapat diatasi dengan cara bergerak saat mengantuk. Hal ini diyakini dapat membantu kita jadi lebih terjaga.

0 Komentar