Bahaya Obesitas dan Cara Pencegahannya! Ketahui Sebelum Terlambat

Bahaya Obesitas dan Cara Pencegahannya! Ketahui Sebelum Terlambat (ilustrasi tubuh tidak langsing)
Bahaya Obesitas dan Cara Pencegahannya! Ketahui Sebelum Terlambat (ilustrasi tubuh tidak langsing)
0 Komentar

KESEHATAN – Obesitas adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami penumpukan lemak akibat kadar kolesterol tinggi.

Penambahan berat badan akan terjadi ketika asupan kalori yang masuk lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh. Kalori tersebut kemudian tersimpan didalam tubuh, yang sebagian besar disimpan dalam bentuk lemak tubuh.

Penyebab obesitas biasanya disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat misalnya, kebiasaan makan-makanan tinggi gula, lemak dan jarang berolahraga fisik. Hal ini menjadi penyebab mengapa seseorang bisa mengalami obesitas.

Baca Juga:Stok Pangan di Karawang Aman tapi Harga Tetap NaikSekda Jabar Dorong KUR Bagi Pekerja Migran

Namun, obesitas tidak hanya terjadi karena kebanyakan makan atau kurang aktif bergerak. Faktor genetik, lingkungan dan pengaruh obat-obatan juga bisa mempengaruhi obesitas.

Pada sebagian besar kasus, obesitas sebenarnya bukanlah sebuah penyakit. Melainkan faktor risiko yang memicu banyak penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Bahaya Obesitas dan Cara Pencegahannya! Ketahui Sebelum Terlambat

Seseorang yang mengalami obesitas umunya akan mengalami gejala-gejala berkut ini :

– Mengalami kesulitan tidur
– Merasakan nyeri dibagian punggung dan sendi
– Merasakan kelelahan dari ringan hingga berat
– Mengeluarkan keringat berlebih
– Mengalami depresi

Penanganan utama pada obesitas bisa dilakukan dengan cara mengatur pola makan sehat yang sesuai dengan kebutuhan asupan kalori pada tubuh.

Tak hanya itu, pencegahan obesitas juga dapat dilakukan dengan diet, latihan fisik hingga pembedahan. Biasanya program diet dapat menurunkan penurunan berat badan dalam jangka pendek.

Namun, mempertahankan berat badan dengan cara diet merupakan hal yang sulit dan memerlukan latihan terus-menerus.

Baca Juga:Sejahterakan Anggota, PWI Subang Dirikan KoperasiSekda Jabar Ingatkan Pentingnya Kerja Sama Berkinerja dan Tersistem dalam Investasi

Obesitas dapat dicegah dengan cara menjaga pola makan dan menerapkan hidup sehat. Pencegahan obesitas harus menjadi hal yang penting dalam kesehatan seseorang terutama pada usia anak dan remaja.

Oleh karena itu, kesadaran akan hidup sehat dengan berat badan ideal adalah kunci utama pencegahan obesitas sejak dini. (Cdp/Jni)

0 Komentar