Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Rutin Salurkan Bantuan Alat Kesenian

Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana.
Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana.
0 Komentar

PURWAKARTA-Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta diketahui rutin menyalurkan bantuan alat kesenian setiap tahunnya. Bantuan alat kesenian dari Disporaparbud tersebut diperuntukkan bagi sanggar seni dan perguruan pencak silat di Kabupaten Purwakarta.

“Setiap tahun ada bantuan alat kesenian untuk sanggar seni dan perguruan pencak silat di Kabupaten Purwakarta. Adapun jumlah penerimanya disesuaikan dengan anggaran yang tersedia,” kata Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Dindin Ibrahim Mulyana, Selasa (15/3).

Dindin menjelaskan, bagi sanggar seni dan perguruan pencak silat di Purwakarta yang ingin mendapatkan bantuan alat kesenian harus memasukan terlebih dahulu proposal permohonan.

Baca Juga:Juragan Laundry Buka Cabang di Ampera CikaumDualSense Generasi baru, Bolehkah Ngecas DualSense Pake Charger HP?

Kemudian, sambungnya, melampirkan sejumlah berkas lainnya. Di antaranya seperti susunan pengurus serta sanggar seni atau perguruan pencak silat tersebut sudah terdaftar di Disporaparbud Purwakarta. “Untuk surat keterangan sudah terdaftar sangat diperlukan karena harus diperbaharui setiap tahun sebagai bahan evaluasi kita,” ujar Dindin.

Diketahui, pada 2022 ini sudah ada sembilan perguruan pencak silat dan dua sanggar seni di Kabupaten Purwakarta yang mendapatkan bantuan alat kesenian. “Untuk tahun ini sudah ada sembilan perguruan pencak silat dan dua sanggar seni yang mendapatkan bantuan alat kesenian dari Disporaparbud Purwakarta,” kata Dindin.

Dirinya mengungkapkan, para penerima bantuan alat kesenian tersebut sebelumnya sudah mengajukan proposal ke Disporaparbud Purwakarta di tahun sebelumnya. Adapun tahun ini untuk anggaran bantuan alat kesenian yang dianggarkan Disporaparbud dengan total Rp200 juta. “Jadi ini pengajuannya tahun-tahun kemarin. Alhamdulillah dari seluruh yang mangajukan proposal bantuan bisa terealisasi semua di tahun ini,” ujarnya.

Adapun bantuan alat kesenian yang diterima sembilan perguruan pencak silat di tahun ini masing-masing berupa dua set kendang pencak, satu set goong, satu terompet.

Sementara untuk sanggar seni yang pertama lima kendang rampak beserta dudukannya. Kemudian sanggar seni berikutnya dua set saron perunggu dan dua set kendang jaipong.

Dindin mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupak wujud kepedulian Pemkab Purwakarta melalui Disporaparbud terhadap keberadaan sanggar seni dan perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Purwakarta. “Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dan tentunya untuk melestarikan kesenian daerah. Penyerahan bantuan alat kesenian tersebut nantinya akan diserahkan langsung oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika kepada para penerima,” ucapnya.(add/sep)

0 Komentar