Dinas Perikanan Karawang Latih UKM Ciptakan Ketahanan Pangan Mandiri

Dinas Perikanan Karawang Latih UKM Ciptakan Ketahanan Pangan Mandiri
USEP SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES PRODUK LOKAL: Plt Kepala Dinas Perikanan Karawang H. Abu Bukhori menunjukan produk olahan ikan UKM lokal.
0 Komentar

KARAWANG-Dinas Perikanan Karawang, mendorong pelaku UMKM dengan menggelar pelatihan pengolahan ikan. Selain itu, dinas juga memberikan bantuan alat pengolahan ikan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Karawang H. Abu Bukhori mengatakan, pihaknya akan membantu sektor UMKM melalui bantuan pengelolaan ikan, termasuk peralatan pengelolaan ikan juga akan disediakan agar komprehensif ketahanan pangan mandiri bisa tercipta.

“Lewat bantuan itu diharapkan dapat mendongkrak perekonomian juga meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:Chord Gitar dan Lirik Bertahan Terluka Fabio Asher, Andaikan Kau Tahu Rasa Sayangku Melebihi Rasa Sakit iniKejam!! Penderita Gangguan Jiwa Tewas Dibunuh Adik dan Ayah Kandungnya Sendiri

Abu menambahkan, bantuan pengelolaan ikan dan peralatannya, sebelumnya juga telah disampaikan Bupati Cellica yang berharap agar perekonomian mandiri warga bisa tercipta dan lebih ke basis potensi lokal.

Dimasa pandemi Covid-19 ini, sambung Abu, perekonomian masyarakat sangat terdampak. Sehingga, Pemkab Karawang terus berusaha mencari solusi dalam mengatasi dampak dari pandemi tersebut.

“Ketika masa pandemi ini susah memasarkan ikan, kita bantu dengan meningkatkan kualitas produknya dengan kemasan dan lain sebagainya. Sehingga mereka bisa menjual lebih mahal dan daya jangkaunya bisa lebih jauh,” terangnya.

Program itu sendiri, tambah Abu, bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan UKM di Kabupaten Karawang dan memberikan peluang bagi para pengolahan ikan untuk bisa mengembangkan usahanya.

“Program kami sesuai dengan janji bupati dan wakil bupati yakni UKM itu bisa tumbuh, khususnya para pelaku usaha UKM di bidang perikanan,” katanya.

Abu menyebutkan jenis-jenis usaha UKM di bidang perikanan, seperti pembuat pindang, ikan asin, terasi dan lain sebagainya.

“Sekarang sudah mulai bagus dan ada yang dikemas dengan baik dan ada yang menjadi oleh-oleh khas Karawang,” terangnya.(use/vry)

0 Komentar