Festival Lomba Siswa Mulai Digelar di Tingkat Kecamatan, Disdikbud Rencanakan Tingkat Kabupaten Digelar Mei

Festival Lomba Siswa Mulai Digelar di Tingkat Kecamatan, Disdikbud Rencanakan Tingkat Kabupaten Digelar Mei
KREATIVITAS: Siswa SD di Kecamatan Subang antusias mengikuti Festival Lomba, Selasa (15/3).
0 Komentar

SUBANG-Festival lomba seperti Kompetensi Siswa Nasional (KSN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Pasanggiri tingkat SD di Kecamatan Subang mulai diselenggarakan. Festival lomba tingkat kecamatan itu untuk mempersiapkan ke tingkat kabupaten.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang menyebutkan, festival lomba di tingkat kabupaten rencananya akan digelar pada Mei 2022 mendatang dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19.

Ketua Pelaksana Kegiatan Festival Lomba Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Subang, Endang Maman menyampaikan, festival lomba ini bertujuan untuk memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam pengembangan diri. Selain itu untuk mengekspresikan seni sesuai dengan norma, budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa.

Baca Juga:IM3 Collabonation Creative City Kembali Hadir di Kota BandungHore! Ratusan ASN Baru di Subang Terima SK

“Bertujuan juga untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalu kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya,” ungkapnya dalam acara pembukaan Festival Lomba yang digelar di SDN Sukarahayu, Selasa (15/3).

Festival lomba ini diikuti ratusan siswa dari 63 SD. Diselenggarakan mulai 15 hingga 17 Maret di lima tempat. Festival lomba diselenggarakan secara daring maupun offline. “Kegiatan diselenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Korwil sekaligus Pengawas Pendidikan Kecamatan Subang, Juna Mulyadi menyampaikan harapan agar siswa dari Kecamatan Subang dapat meraih juara umum dalam berbagai perlombaan yang digelar di tingkat kabupaten.

“Catatan yang baik di tingkat kabupaten harus dipertahankan, dan diperbaiki agar lebih baik lagi,” ungkapnya.
Dia mengatakan, berbagai perlombaan yang diikuti oleh siswa tujuannya ada perubahan perilaku. Harapannya anak-anak menjadi disiplin dan bertanggungjawab.

“Berbagai perlombaan yang digelar juga sebagai evaluasi dari kegiatan pembelajaran di sekolah. Bagaimana kinerja guru menghasilkan siswa yang berprestasi, akan dapat terlihat dalam perlombaan ini,” jelasnya.

Sementara itu, dalam acara pembukaan festival lomba itu dilakukan penyematan terhadap perwakilan peserta. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Subang, Unib Sobirin.

Dalam kesempatan berbeda, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Anno Suyatno mengatakan, berbagai perlombaan di tingkat kabupaten rencananya digelar bulan Mei mendatang. Sebelum perlombaan di tingkat kabupaten, digelar terlebih dahulu seleksi di tingkat kecamatan.

0 Komentar