oleh

Perbanyak Sedekah, Berbagi Makanan Dapat Membuka Pintu dan Ruang Khusus di Surga

Religi – Berbagi kepada orang lain adalah hal yang harus dilakukan, khususnya kepada anak yatim dan fakir miskin. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan jiwa kita hidup untuk melaksanakan akhlak yang baik.

Selaku umat Islam, kita disarankan untuk menyimpan simpati dan empati kepada orang lain yang kurang berkecukupan, baik dari sisi finansial, kekeringan jiwa dan motivasi, maupun hal lainnya. Hal tersebut tentu saja harus diwujudkan dalam bentuk perhatian khusus kepada mereka, misalnya dengan berbagi makanan, minuman, atau sebagian harta kita kepada mereka untuk dimanfaatkan dalam menjalani kehidupannya.

Dilansir dari nu.or.id, Sayyid Muhammad bin Alawi bin Abbas al-Maliki al-Hasani dalam kitabnya yang berjudul Syaraful Ummatil Muhammadiyah, menyebutkan bahwa memberikan makan kepada orang lain itu merupakan bagian dari amal-amal yang paling diharapkan untuk mengantarkan kita masuk ke dalam surganya Allah swt. Betapa tidak, orang dapat berbahagia karena bisa melanjutkan hidupnya berkat uluran tangannya.

Hal tersebut cukup memberatkan bagi kita, apalagi bagi yang belum terbiasa melakukannya. Hal ini dijelaskan secara langsung oleh Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Balad ayat 11-16 yang artinya.

“Tetapi dia tidak menempuh jalan yang mendaki dan sukar? (11), Dan tahukah kamu apakah jalan yang mendaki dan sukar itu? (12), (yaitu) melepaskan perbudakan (hamba sahaya) (13), atau memberi makan pada hari terjadi kelaparan (14), (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat (15), atau orang miskin yang sangat fakir (16).”

Mengingat beratnya melakukan kebaikan ini, Allah swt juga memberikan balsan yang istimewa atas orang yang memberikan kemanfaatan kepada orang lain ini.

Disebutkan dalam sebuah hadits, Abu Hurairah bertanya kepada Rasulullah saw, “Apa hal yang jika saya kerjakan dapat mengantarkan saya masuk surga?”

Mendengar pertanyaan tersebut, Rasulullah saw menjawab, “Memberikan makan, menebarkan salam, jalin silaturrahim, shalat malam saat orang lain terlelap, maka engkau akan masuk surga dengan penuh keselamatan dan penghormatan.”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.