oleh

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Food & Travel – Selain dikenal dengan tempat wisata yang segar, Jawa Barat juga dikenal dengan kuliner dan makanan khasnya yang enak. Makanan khas Jawa Barat dapat dikenali dari bahan yang digunakan juga cita rasanya. Makanan khas Provinsi Khas Jawa Barat banyak yang berbahan dasar sayuran mentah, kebanyakan ikan dan mempunyai rasa yang pedas dan asam.

Saat mengunjungi kota dengan julukan tanah Pasundan ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan khasnya. Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Jawa Barat dari beberapa sumber yang dilansir.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Karedok

Karedok adalah makanan khas Sunda yang istimea dari segi penyajiannya. Karedok disebut persisdengan gado-gado. Bedanya, gado-gado dibuat dengan sayur matang sedangkan Karedok terbuat dari bahan mentah. Karedok dihidangkan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah. Karedok memiliki yang rasa unik karena gabungan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana? Foto : juararesep

Colenak

Colenak adalah olahan peuyeum atau tape bakar yang dimakan dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Makanan ini termasuk makanan khas Bandung yang sangat legendaris.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana? Foto : buminini

Surabi

Surabi adalah adonan tepung beras yang diolah dan dimasak dengan tungku. Surabi biasanya dipasarkan pada pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana? Foto : karawangpost

Ongol-Ongol

Kue ongol-ongol dikelompokan sebagai makanan khas Sunda yang istimewa karena bentuk dan namanya. Kue ini berbentuk kubus dengan balutan kelapa parut. Banyak ditemui di wilayah bagian utara Jawa Barat seperti Indramayu dan Cirebon. Ongol-ongol merupakan kue yang mempunyai tekstur kenyal, manis, gurih, dan warnanya cokelat. Konon katanya, kue ini sudah ada sejak tahun 1200-an. Bahan dasar pembuatan kue ongol-ongol adalah tepung singkong dan hunkue.

Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Kamu Sudah Coba yang Mana? Foto : merahputih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.