Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit Tubuh

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit Tubuh
Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kulit Tubuh ilustrasi pixabay
0 Komentar

Minyak Zaitun untuk Kulit Tubuh

Selain memiliki manfaat untuk kulit wajah, minyak zaitun juga memiliki segudang manfaat untuk kulit tubuh, antara lain:

  1. Mencegah puting sakit saat menyusui

Puting sakit dan iritasi umum dialami oleh ibu menyusui. Untuk mencegah hal ini, ibu menyusui dapat mengoleskan minyak zaitun ke kedua puting payudara.

  1. Mencegah dan menyembuhkan luka

Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan luka, misalnya ulkus dekubitus atau luka pada penderita diabetes. Hal ini diduga berkat kandungan polifenol dan oleocanthal dalam minyak zaitun yang bersifat antiradang. Selain itu, campuran minyak zaitun, minyak wijen, dan madu juga dipercaya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar, dengan cara mencegah infeksi dan mempercepat perbaikan jaringan yang rusak.

Baca Juga:Ular Sanca Masuk Pemukiman Warga di PurwakartaTiga Aliran Musik yang Disukai Masyarakat Indonesia, Bukan Dangdut Ternyata

  1. Mengobati dermatitis

Minyak zaitun juga dipercaya dapat mengobati berbagai kondisi kulit, seperti eksim, psoriasis, dan ruam popok. Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa mengoleskan minyak zaitun ke kulit justru dapat merusak kulit dan memperparah eksim atopik. Perlu diingat bahwa berbagai manfaat minyak zaitun untuk wajah dan kulit tubuh di atas masih memerlukan penelitian dan bukti lebih lanjut. Minyak zaitun memang alami, tetapi jika muncul tanda-tanda alergi setelah dioleskan, seperti kulit terasa gatal atau muncul sensasi terbakar dan nyeri, muncul ruam, serta kulit teraba hangat, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Ind/ded)

0 Komentar