Tips Menambah Berat Badan Anak dengan Baik

Tips Menambah Berat Badan Anak dengan Baik
Tips Menambah Berat Badan Anak dengan Baik. Foto : pixabay
0 Komentar

Parenting Anak terlihat lebih kurus dari teman sebayanya? Jika berat badan anak di bawah rata-rata, ditakutkan terdapat masalah dalam tumbuh kembangnya. Hal tersebut juga dapat berakibat terhadap aktivitas fisik dan kesehatan anak. Hal dasar yang perlu diperhatikan dalam cara menaikkan berat badan anak adalah memenuhi kebutuhan gizinya. Berikut cara menambah berat badan anak agar mejaadi ideal.

Makan Secara Teratur

Agar berat badan anak ideal, ia harus mempunyai jadwal makan yang teratur agar kalorinya terpenuhi. Dibanding memberinya makan tiga kali sehari dalam jumlah yang banyak, kamu dapat membaginya menjadi 4 atau 5 porsi dalam jumlah yang lebih sedikit. Porsi makan yang terlalu besar kemungkinan tidak akan dihabiskan karena sudah dirasa kenyang. 

Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Anak membutuhkan kalori dan nutrisi yang berasal dari makanan bergizi seimbang. Walaupun tidak ada rekomendasi khusus, anak berusia 2-3 tahun umumnya memerlukan sekitar 1.000-1.400 kalori setiap harinya.Sementara itu, anak berusia 4-8 tahun rata-rata membutuhkan 1.400-1.600 kalori per hari. Selanjutnya, anak berusia 9-13 tahun memerlukan sekitar 1.600-2.200 kalori per hari.

Baca Juga:Semut di Makanan Ikut Tertelan? Begini Penjelasannya Menurut IslamManfaat Hand Cream untuk Tangan, Apakah Sama dengan Lotion?

Hal ini berkaitan  pada seberapa aktif anak.Dalam cara menaikkan berat badan anak, Anda dapat menambahkan asupan kalori sebesar 500 pada total kebutuhan kalori anak setiap hari. Hal tersebut akan membantu meningkatkan berat badan anak sekitar 0,5 kg per minggu.Anda dapat memberinya makanan bergizi yang tinggi kalori, di antaranya susu murni, yogurt, keju, kacang-kacangan, dan selai kacang. Di sisi lain, hindari makanan tinggi kalori yang tidak sehat, seperti permen, kue, cokelat, atau makanan dan minuman manis.

Menambah Asupan Lemak Sehat

Memberikan asupan lemak sehat pada menu makanannya merupakan salah satu cara menambah berat badan anak yang dapat dicoba. Sebab, kandungan lemak yang tinggi berarti padat dengan kalori. Demi memperoleh lemak sehat kamu dapat memakai minyak zaitun sebagai bahan memasak makanan anak. Selain itu, tambahkan kacang almond ke dalam salad, atau menjadikan buah alpukat sebagai camilan.

0 Komentar