Manfaat Hand Cream untuk Tangan, Apakah Sama dengan Lotion?

Manfaat Hand Cream untuk Tangan, Apakah Sama dengan Lotion?
Manfaat Hand Cream untuk Tangan, Apakah Sama dengan Lotion?. Foto : cantik tempo
0 Komentar

Ragam – Produk hand cream memiliki tempat yang baik di hati para penggemar skincare. Selain wangi yang bervariasi dan tahan lama, manfaat hand cream juga menjanjikan untuk mengatasi masalah di kulit tangan.

Bukan hanya wajah, kulit tangan juga harus mendapat perhatian. Meski sering terlupakan, tangan yang kamu pakai sehari-hari juga dapat menjadi kasar dan kusam. Itulah sebabnya, hand cream juga harus menjadi  produk penting selain skincare wajah.

Mencegah Kulit Kering dan Kasar

Banyak sekali pekerjaan yang dilakukan oleh tangan. Hal tersebut mengakibatkan kulit tangan kering dan kasar. Paparan terhadap suhu dingin, air, bahan kimia dalam detergen, atau bahkan sabun cuci tangan yang kamu  pakai  sehari-hari dapat menyebabkan kulit kering pada tangan.

Baca Juga:Membentak Anak Dapat Akibatkan Psikologis dan Kesehatan Otak? Begini Penjelasan AhliMencegah Katarak dengan Memakai Kaca Mata Hitam, Begini Penjelasannya

Apalagi dalam suasana pandemi Covid-19 yang mewajibkan kamu harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association sering mencuci tangan dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, penggunaan hand sanitizer yang rata-rata mengandung 60% alkohol untuk membunuh kuman juga dapat menyebabkan kulit tangan kering.

Maka dari itu, kamu disarankan menggunakan hand cream segera setelah mencuci tangan untuk mencegah kulit tangan kering dan kasar. 

Mencegah Infeksi

Kulit tangan yang cenderung kering bisa mengelupas, pecah-pecah, gatal, hingga berdarah. Hal tersebut dapat  menyebabkan luka terbuka di kulit tangan dan mengundang bakteri masuk sehingga menyebabkan infeksi.

Kemudian disertai rasa pedih akibat luka yang muncul, sehingga kamu tidak dapat menggunakan tangan dengan maksimal. Menjaga kulit tetap lembap dengan penggunaan hand cream justru dapat melindungi kamu dari kuman dan terhindar dari luka.

Menjaga Kesehatan Kuku

Bukan hanya kulit tangan, hal yang menjadikan kulit tangan kering juga mengakibatkan kuku kering bahkan rusak. Oleh karena itu, pemakaian hand cream dibarengi dengan pijatan lembut di jari-jari dan kuku bisa melembapkan sekaligus melancarkan sirkulasi ke kulit sekitar kuku. 

Perbedaan hand cream dan Lotion

Hal mendasar yang membedakan hand cream dan lotion adalah tekstur atau ketahanannya. Lotionn lebih cair sedangkan hand cream lebih kental dan padat. Dikutip dari jurnal JAMA Dermatology, lotion lebih cair karena memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada cream.

0 Komentar