oleh

Tips Jitu Agar Tidak Haus Selama Puasa, Wajib Dicoba

Ramadhan – Merasakan haus saat berpuasa adalah hal yang lumrah terlebih saat musim kemarau dan ketika banyak beraktivitas. Oleh sebab itu, wajib untuk membuat tubuh tetap terhidrasi agar dapat mengurangi rasa haus selama berpuasa. Ada beberapa tips atau cara menghilangkan rasa haus saat puasa. Lantas, apa saja? mari simak.

Tips Jitu Agar Tidak Haus Selama Puasa, Wajib Dicoba

Dikutip dari laman Egypt Independent, berikut tips agar tidak mudah haus saat berpuasa:

1. Jangan minum banyak air selama sahur, meminum banyak air ketika sahur akan membuat ginjal membuangnya dalam waktu cepat. Kemudian, tidak disarankan meminum air yang terlalu dingin saat buka puasa karena dapat menyempitkan pembuluh darah kapiler sehingga sulit untuk mencerna makanan.

2. Tidak disarankan mengonsumsi makanan, contohnya acar, ikan asin dan makanan yang mengandung banyak bumbu. Hal tersebut dapat meningkatkan terjadinya asam lambung dan meningkatkan kebutuhan tubuh untuh memproses cairan dan meningkatkan rasa haus.

3. Sahur dengan serat yang cukup, mengonsumsi air dan serat yang sehat dapat bertahan lama di usus. Hal ini mampu meminimalisir rasa lapar dan haus. Disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang mengandung serat makanan dan air seperti semangka dan anggur. Semangka mengandung 92% air.

4. Tidak disarankan minum cairan yang memiliki kafein, seperti kopi dan minuman bersoda karena sifat diuretiknya yang menyebabkan tubuh cepat kehilangan air.

5. Hindari berada di ruangan yang bersuhu sejuk atau keadaan suhu tinggi. Saat berpuasa lebih baik berada di ruangan yang bersuhu sejuk dan tidak terkena sinar matahari untuk mengurangi rasa haus. (kskntn/yni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.