Ramadhan Di Depan Mata, Berikut Keutamaan Memberi Takjil Buka Puasa

Ramadhan Di Depan Mata, Berikut Keutamaan Memberi Takjil Buka Puasa
Ramadhan Di Depan Mata, Berikut Keutamaan Memberi Takjil Buka Puasa . Foto : indihome
0 Komentar

Ramadhan -Ramadhan sudah di depan mata itu artinya umat islam akan segera berpuasa.

Sama seperti puasa lainnya, puasa Ramadhan dilaksanakan dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Pada saat berpuasa kita harus mencegah dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, sama seperti puasa-puasa yang lainnya.

Salah satu tradisi bulan Ramadhan adalah banyak orang yang membagikan takjil kepada masyarakat. Bentuk pembagian takjil pun banyak caranya, ada yang diberikan atau dititipkan di masjid, mushala atau tempat-tempat lain yang melaksanakan buka bersama. Ada juga yang membagikan takjil di pinggir jalan.

Baca Juga:Kabar Tebaru Rekrutmen P3K 2022, Kapan Seleksi PPPK Tahap 3 Dilaksanakan?Penghasilannya Menjadi Buah Bibir Publik, Juragan 99 Memberikan Penjelasan

Mengenai hal tersebut, ada hal yang bisa menjadi penyemangat untuk ikut serta dalam kegiatan pembagian takjil di tengah-tengah masyarakat, yang mana keduanya berasal dari apa yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.

Ramadhan Di Depan Mata, Berikut Keutamaan Memberi Takjil Buka Puasa

Berikut ini adalah beberapa keutamaan bagi pemberi takjil buka puasa:

Mendapatkan Ganjaran Seperti Orang yang Ia Beri Takjil 

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa memberi makan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka ia mendapat seperti pahala orang-orang yang puasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun”

Didoakan Malaikat

Dari Abdullah bin Zubair bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berbuka di rumah Sa’ad bin Mu’adz, Nabi bersabda :

“Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan malaikat mendoakan Rahmat bagimu”

Dari dua dalil tersebut dapat disimpulkan bahwa orang yang mau memberikan sedikit hartanya untuk memberi takjil kepada orang yang berpuasa akan mendapatkan dua hal kebaikan, baik itu seperti yang tertera pada hadis pertama maupun hadis kedua di atas. (nu/yni)

0 Komentar