Menjanjikan, Budidaya Hingga Bisnis Kelapa Kopyor

Menjanjikan, Budidaya Hingga Bisnis Kelapa Kopyor
Menjanjikan, Budidaya Hingga Bisnis Kelapa Kopyor. Foto : ruparupa
0 Komentar

Bisnis – Kelapa kopyor adalah tanaman kelapa yang mengalami perubahan genetik secara alamiah. Kelapa kopyor  merupakan barang dagangan andalan yang bernilai ekonomi tinggi dan memiliki ciri khas yaitu daging buah bertekstur gembur dan sebagian besar tidak menempel di tempurungnya.

Tanaman kelapa Kopyor dibagi dalam dua tipe yaitu tipe Dalam dan tipe Genjah. Masing-masing memiliki ciri yang berbeda. Buah kelapa kopyor terbagi dalam 3 warna, yitu hijau, hijau kekuningan dan coklat, hijau kekuningan, sementara buah kelapa kopyor tipe Genjah terdiri atas 5 warna, yaitu; hijau, hijau kekuningan, coklat tua, coklat muda, kuning, (gading wulan) dan orange (gading). Berdasarkan tipe buah, kelapa kopyor dengan daging buah yang tebal dan buahnya berwarna hijau dan coklat memiliki rasa yang lebih enak dan gurih. Berikut tips dan inspirasi bisnis Kelapa Kopyor yang telah dikutip dari beberapa sumber.

Menjanjikan, Budidaya Hingga Bisnis Kelapa Kopyor

Budidaya kelapa kopyor dapat dilakukan dengan dua cara.

Baca Juga:Simak! Inspirasi Dekorasi Kamar Sempit Menjadi CiamikViral! Video Tentara Ukraina Diprediksi Bantai Serdadu Rusia

Pertama, cara konvensional, menggunakan benih yang berasal dari tandan yang menghasilkan buah kopyor. Tanaman yang di perbanyak dengan cara ini apabila telah berproduksi hanya menghasilkan  1-2 butir/tandan. Cara ini telah dilakukan oleh petani di kabupaten Sumenep, Pati dan Lampung Selatan.

Kedua cara in vitro, yaitu menumbuhkan embrio dari buah kopyor pada media tumbuh buatan dalam kondisi aseptik di laboratorium. Tanaman yang dihasilkan dengan cara ini akan menghasilkan 90% hingga 100% buah kopyor. Tanaman kelapa kopyor yang di perbanyak dengan cara ini telah di tanam di Ciomas (Bogor), Riau dan Kalimantan Timur.

Oleh karena sifat sifat menyerbuk silang, maka bibit kelapa kopyor tipe Dalam hasil teknik in vitro harus di tanam pada areal terisolasi dari pertanaman kelapa biasa. Jarak yang dapat di tolelir adalah 400 m. Sebaliknya karena sifat menyerbuk sendiri, bibit kelapa kopyor tipe Genjah dapat di tanam pada areal yang tidak terisolasi terlalu ketat seperti tipe Dalam.

Seperti halnya dengan jenis tanaman kelapa lainnya, tanaman kelapa kopyor dapat didatangi hama dan penyakit. Terutama Plesispa rechei Chapuis, Brontispa longissima Gestro, Oryctes rhinoceros L. dan Artona catoxantha.

0 Komentar