Asal-Usul Danau Toba, Danau Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Asal-Usul Danau Toba, Danau Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara
0 Komentar

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang memiliki pesona menakjubkan. Selain karena keindahan alamnya yang memanjakan mata.

Danau Toba juga dijaga keaslian khazanahnya oleh penduduk setempat, mulai dari kultur masyarakatnya hingga sosial budayangnya.

Danau Toba juga merupakan danau terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara. Selain itu, Danau Toba juga merupakan danau terbesar kedua di dunia.

Baca Juga:Sejarah Masjid Raya Al Mahsun, Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Medan Sumatera UtaraSeblak Kuliner Pedas Yang Biasa Disantap Selepas Pulang Tarawih

Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan luas lebih daei 1145 kilometer persegi dan delaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya kebih mirip lautan.

Selain itu, Danau Toba juga punya kekhasan kuliner sendiri yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia, khususnya di hidangan ikan. Ada hidangan populer naniura yang dikenal sebagai sushi gaya Batak.

Mungkin ada yang mendengar awal mula kisah terbentuknya Danau Toba dari cerita yang beredar di masyarakat.

Salah satu yang paling populer adalah bahwa Danau Tiba berawal dari pemuda yang bernama Toba yang sedang mencari ikan di sungai kemudian menemukan ikan mas besar uang berubah menjadi sosok perempuan cantik jelita.

Pemuda bernama Toba tersebut kemudian memperistri perempuan tersebut dengan syarat Toba dilarang menyebutkan asal-usul perempuan tersebut.

Mereka pun memilki anak yang diberi nama samosir . Suatu ketika, Tiba marah kepada samosir dan secara tidak sengaja mengeluarkan umpatan “dasar kau anak ikan” yang secara tak sadar sudah menyebutkan asal-usul istri Toba.

Bencana pun mulai melanda, badai, angin, semburan air hingga menenggelamkan wilayah tersebut. Toba tenggelan di wilayah tersebut yang akhirnya dinamakan Danau Toba. Sementara, samosir mengikuti petunjuk ibunya untuk melarilan diri ke tempat yang tinggi sehingga dapat selamat dari bencana tersebut.

Baca Juga:Manfaat Jus Buah Naga Minuman Segar Untuk Berbuka PuasaMenu Sahur Praktis di Bulan Ramadhan, Resep Sup Ayam Bening

Tempat Samosir menyelamatkan diri dinamakan Pulau Samosir. Perempuan yang berasal dari ikan mas pun berubah wujudnya menjadi ikan kembali dan terjun ke Danau Toba. (cdp)

0 Komentar