Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Berpuasa? Ini Dia Caranya

Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Berpuasa
Bagaimana Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh Saat Berpuasa ilustrasi pixabay
0 Komentar

RAGAM– Berpuasa merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim di bulan Ramadhan. Kegiatan berpuasa membuat asupan nutrisi kita berubah, karena kita tidak memakan dan meminum apapun dari terbit matahari hingga waktu fajar.

Bukan hanya kebutuhan kebutuhan nutrisi, kebutuhan cairan tubuh juga akan ikut terpengaruh. Oleh karena itu, berikut adalah cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh walau saat berpuasa.

Menurut para ahli kesehatan, kebutuhan cairan yang kita butuhkan setiap hari yaitu 2,7 liter air atau setara dengan 8 gelas. Jika kita memenuhi kebutuhan cairan dari jumlah tersebut, maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi, dan menyebabkan gejala buruk pada tubuh seperti lemas, lesu, pusing, dan membuat kemampuan bekerja otak menurun.

Baca Juga:Bulan Ramadhan, JUMBER dan KOKAM Subang berbagi Ifthor dan Al-Qur’an6 Manfaat Konsumsi Timun Suri yang Peting Diketahui

Untuk memenuhi cairan tubuh saat berpuasa, kita bisa menggunakan cara ini. Karena saat berpuasa kta hanya bisa makan dan minum saat sahur dan berbuka, kita bisa menggunakan pola 242.

Saat sahur kita minum 2 gelas air, lalu dilanjutkan saat berbuka kita meminum 4 gelas air, dan sisanya kita minum 2 gelas air sebelum tidur. Dengan pola tersebut, kita bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya walau sedang berpuasa.

Bukan hanya dengan minum air, mememnuhi kebutuhan cairan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan ynag mengandung kadar air yang tinggi. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti blewah, jeruk, melon, dan semangka juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, mengonsumsi olahan sayur juga memiliki manfaat yang sama, dan tentunya juga bermanfaat memberi nutrisi untuk tubuh. (Arr/ded)

0 Komentar