Harga Sayuran di Subang Merangkak Naik, Ini Daftarnya

Harga Sayuran di Subang Merangkak Naik, Ini Daftarnya
YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES NAIK TERUS: Komoditi sayuran di pasar tradisional tersedia, namun harganya terus mengalami kenaikan.
0 Komentar

SUBANG-Memasuki puasa hari kedelapan, bukan hanya harga minyak goreng dan bahan bakar minyak saja yang mengalami kenaikan. Akan tetapi harga cabai dan bawang juga naik, dikarenakan musim hujan yang menyebabkan gagal panen. Pasokan cabai dan bawang ke Subang didominasi dari Lembang dan Surabaya.

Pedagang sayuran Pasar Terminal Subang, Yati Sumiyati (45) mengatakan, untuk harga cabai dan bawang, mengalami kenaikan sejak Lima hari yang lalu. Kenaikan tersebut berasal dari pemasok. “Kita bagaimana pemasok. Dari sananya sudah naik,” katanya.

Dijelaskan Yati, harga cabai keriting saat ini mencapai Rp57.000 perkilogram. Melonjak jika dibandingkan lima hari yang lalu, masih di angka Rp42.000 perkilogramnya. Hal tersebut dikeluhkan oleh pelanggannya, karena kenaikan tersebut. “Iya melonjak, pelanggan saya juga mengeluh,” ujarnya.

Baca Juga:Sikat Gigi saat Puasa, Boleh atau Tidak? Ini PenjelasannyaLapang Bintang jadi Tempat Ngabuburit Favorit di Subang

Pedagang sayuran lainnya, Dadang T (56) mengatakan, harga bawang merah juga mengalami kenaikan. Biasanya per kilogramnya hanya Rp30.000, kini mengalami kenaikan menjadi Rp40.000. “Kenaikan harga bawang merang sudah seminggu terakhir terjadi,” katanya.

Dadang mengatakan, untuk sayuran lainnya pun mengalami kenaikan. Mulai dari cabai rawit dari harga Rp50.000 perkilogram menjadi Rp55.000 perkilogram. Tomat dari Perkilogram Rp8.000 menjadi Rp11.000 dan buncis dari Rp1.000 menjadi Rp15.000 perkilogram. “Sayuran kebanyakan naik, tidak hanya cabai dan bawang saja,” paparnya.

Pengelola rumah makan warteg Otista, Rukinem (53) mengatakan, harga sayuran yang mengalami kenaikan membuat bingung. Rukinem menjual makanan, terlebih kenaikan cabai, bawang dan sayuran lainnya, merupakan hal yang pokok untuk masakan. “Bingung, Soalnya kita kan dagang masakan. Mau dinaikan takut pelanggan kabur,” katanya.

Sementara itu, Kepala DKUPP Kabupaten Subang Dr H Yayat Sudrajat mengatakan, komoditi mulai dari sayuran, daging dan sembako tidak ada kendala dalam pasokan, dan tersedia. Bahkan petugas lapangan di bidang perdagangan, selalu mengecek ketersediaan komoditi di pasar tradisional ataupun toko modern. “Mengenai naik dan turunnya harga, sesuai dengan hukum ekonomi. Permintaan banyak, sementara ketersediaan sedikit. Kita pastikan ketersediaan komoditi ada,” katanya.(ygo/vry)

Kenaikan Harga Sayuran Per Kg

Cabai Keriting  Rp42.000 menjadi Rp57.000

0 Komentar