Kerap Alami Kesemutan di Tangan? Berikut Tips untuk mengatasinya

Kerap Alami Kesemutan di Tangan? Berikut Tips untuk mengatasinya
Kerap Alami Kesemutan di Tangan? Berikut Tips untuk mengatasinya. Foto : pixabay
0 Komentar

Health – Kamu pernah merasakan kesemutan? Sepertinya semua orang pernah merasakan kondisi ini. Meski tidak memberikan akibat yang buruk, tangan yang sering kesemutan dapat menjadi gejala penyakit yang berbahaya.

Kesemutan atau parestesia, merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan sensasi kebas, tertusuk, hingga mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Tangan yang kesemutan biasanya akan sembuh dengan sendirinya ketika kamu sudah menghilangkan tekanan pada saraf tangan.

Tangan yang sering kesemutan juga dapat membuat hari-hari terganggu. Apa penyebab tangan sering kesemutan? Berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi tangan kesemutan berikut penjelasan lengkap mengenai penyebabnya.

Baca Juga:Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal UsahaLBM PBNU Resmikan Vaksinasi Covid-19 Tidak Batalkan Puasa

Kerap Alami Kesemutan di Tangan? Berikut Tips untuk mengatasinya

Penyebab Tangan Sering Kesemutan

Berdasarkan sifatnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan kesemutan pada tangan. Kesemutan yang bersifat sementara pada tangan dapat diakibatkan oleh beberapa hal, seperti posisi tidur yang salah (kepala atau menindih tangan), radang dingin, hingga cedera saraf.

Hal ini disebabkan tekanan pada tangan membuat aliran darah terhambat sehingga terjadilah kesemutan. Kesemutan sementara ini dapat hilang dengan sendirinya setelah kamu menghilangkan tekanan tersebut. Contohnya, memposisikan tangan dengan benar saat tidur sehingga aliran darah kembali lancar.

Lain halnya jika kamu mengalami kesemutan berkepanjangan, bisa jadi itu merupakan tanda-tanda penyakit tertentu yang sedang dialami. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah penyebab kesemutan yang berkepanjangan.

Cara Mengatasi Kesemutan Sementara

Berbeda dengan kesemutan berkepanjangan, kesemutan sementara dapat dihilangkan dengan mudah. Biasanya kesemutan akan hilang dengan sendirinya setelah kamu menghilangkan tekanan pada bagian tubuh yang kesemutan. Misalnya, jika kamu menindih tangan saat tidur, kamu bisa menghilangkan kesemutan dengan menggerak-gerakkan tanganmu. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk melancarkan kembali aliran darah, sehingga sensasi kesemutan dapat menghilang.

Jika tangan kerap merasakan kesemutan, kamu juga bisa meminimalisisrnya dengan banyak mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B kompleks. Karena, vitamin B kompleks dikenal sebagai vitamin yang baik bagi kesehatan saraf.

Kapan harus periksakan diri ke dokter? Dilansir dari Medical News Today, segera lakukan pemeriksaan ke dokter jika kesemutan yang kamu alami telah mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti:

0 Komentar