Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha
Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha. Foto : pixabay
0 Komentar

Bisnis – Salah satu masalah yang muncul saat ingin memulai suatu bisnis adalah terbatasnya modal. Dana atau modal adalah faktor paling penting dalam sebuah bisnis.

Sebelum era digital seperti saat ini, kamu mungkin kesulitan mencari pinjaman. Berbeda dengan kondisi sekarang, di mana kamu lebih gampang untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Ada beberapa sumber pinjaman modal usaha yang perlu kamu ketahui, mulai dari fintech lending, bank, koperasi atau lembaga keuangan bukan bank, perbankan hingga pemerintah.

Baca Juga:LBM PBNU Resmikan Vaksinasi Covid-19 Tidak Batalkan PuasaWajib Dicoba! Deretan Bisnis Unik yang Belum Banyak Diketahui

Kamu juga bisa memilih produk pinjaman yang ditawarkan, di antaranya Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), Kredit Modal Kerja, Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Meski ada begitu banyak jenis pinjaman yang bisa kamu pilih, akan tetapi harus disesuaikan dengan kondisi finansial pribadi ataupun keuangan perusahaan.

Sebelum mengajukan pinjaman modal usaha, hitung dengan cermat, berapa angsuran yang harus dibayar setiap bulan. Kemudian, hitung juga berapa jangka waktu tenor yang tersedia. Semua hal tersebut harus diperhitungkan dengan benar dan sesuai dengan kondisi keuangan.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan manfaat yang tepat dari pinjaman modal usaha yang kamu ajukan. Supaya kamu tidak bingung lagi ketika ingin meminjam uang untuk modal usaha, berikut adalah waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman modal usaha :

Tips Memilih Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Mengembangkan usaha yang sudah berjalan

Ketika kamu ingin mengembangkan bisnis yang sudah berjalan, misalnya saja membuka cabang baru, melakukan eksport produk atau go internasional, tetapi terhalang modal, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman modal usaha.

Bisnis yang semakin berkembang, akan membuka nilai penjualan dan penghasilan akan meningkat berkali lipat. Supaya semuanya bisa berjalan lancar dan sesuai dengan planning atau target, maka kamu perlu menyusun rencana untuk ekspansi usaha, termasuk modal yang dibutuhkan.

Kondisi bisnis terancam

Bisnis yang sedang kamu bangun, pasti memiliki risiko. Entah itu di awal memulai bisnis, di tengah jalan ataupun saat bisnismu berkembang.

Baca Juga:Catat! 4 Manfaat Daun Serai, Bikin Wanita Bahagia?Pada Umur Berapa Anak Diajarkan Puasa? Simak Penjelasannya

Pandemi yang berlangsung lebih dari dua tahun ini, telah menyebabkan ranah ekonomi berantakan. Banyak usaha yang mengalami penurunan omzet, bahkan hingga bangkrut dan terpaksa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

0 Komentar