Minta Masyarakat Jaga Kesehatan Saat Berpuasa

Minta Masyarakat Jaga Kesehatan Saat Berpuasa
YOGI MIFTAHUL FAHMI/PASUNDAN EKSPRES TIPS SEHAT: Kepala Puskesmas Pamanukan dr Bahtiar Rivai saat menghadiri acara Safari Ramadan sekaligus memantau jalannya vaksinasi di Masjid Al Mukhlisin Pamanukan.
0 Komentar

SUBANG-Menjaga kesehatan di Bulan Ramadan menjadi sesuatu hal yang penting termasuk dalam hal kebutuhan gizi. Kepala Puskesmas Pamanukan dr Bahtiar Rivai mengatakan, saat puasa, umat muslim tidak makan lebih dari 12 jam.

Untuk itu, sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, ia menyarankan agar menyegerakan buka puasa dan mengakhirkan waktu ketika sahur.

“Jadi setelah Maghrib itu dianjurkan untuk langsung berbuka serta diutamakan memakan yang manis-manis yang mengandung tinggi kalori. Sebab untuk mengganti kalori yang keluar setelah puasa,” kata dr Bahtiar kepada Pasundan Ekspres, Selasa (12/4).

Baca Juga:Harga Daging Sapi Mahal, Bulog Subang Tawarkan Daging KerbauKIPP Beri Catatan Penyelenggaraan Pemilu

Ia mengatakan, ketika berbuka puasa disarankan untuk tidak langsung makan-makan yang berat dan memberikan jeda terlebih dahulu.

“Sebab seharian perut kita kosong, kemudian ketika langsung diisi dengan makanan berat itu juga tidak baik. Kita nanti malah kekenyangan dan sulit beraktivitas,” ujarnya.

Makanan yang dianjurkan saat sahur adalah makanan seperti sayuran dan buah-buahan. “Sebab dapat mengandung nutrisi dan kalor agar menunda lapar dan kuat menjalani ibadah puasa. Sahur juga lebih diakhirkan, agar waktu Puasa juga tidak terlalu panjang dengan buka dan penting juga agar selanjutnya melaksanakan ibadah shalat subuh,” tuturnya.

Bagi penderita penyakit seperti maag kronis atau penyakit lain, dianjurkan untuk memperhatikan waktu istirahat, makan dan sahur dan minum obat jika masih ada keharusan minum obat dibulan Ramadan ini.

“Makan dan minumnya diperhatikan, kalau harus minum obat silahkan dikonsultasikan dengan dokternya kapan harus minum obatnya, dan ingat juga hindari makanan-makanan yang pedas dan mengandung asam tinggi,” imbuhnya.

Menjelang lebaran dan musim mudik, dia mengajak masyarakat  untuk melaksanakan vaksinasi bahkan hingga dosis 3 atau Booster. “Apalagi sekarang itu jadi syarat mudik juga. Jadi kami juga terus membuka layanan vaksinasi baik di Puskesmas Pamanukan maupun di Masjid-masjid usai tarawih,” tuturnya.(ygi/ysp)

 

0 Komentar