oleh

Simak! Begini Tips Aman Berenang Saat Haid

Ragam – Menetapkan rencana liburan memang sebaiknya dilakukan sejak beberapa hari sebelumya. Kamu harus mengecek dan mempersiapkan dana, waktu cuti, transportasi, serta penginapan.

Kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan untuk berlibur? Salah satu kegiatan paling menyenangkan saat berlibur adalah berenang di waterpark, pantai, atau sekalian snorkeling.

Namun apakah kamu pernah merencanakan untuk berenang di tempat yang instagramable bersama sahabat dan keluarga, tapi beberapa hari sebelum rencana kamu ini terealisasi, kamu tiba-tiba datang bulan. Tenang saja, kamu tetap bisa main air meskipun sedang dalam kondisi haid. Supaya kamu tetap bisa berenang saat menstruasi dengan nyaman, kamu wajib nih simak tips berikut ini.

Simak! Begini Tips Aman Berenang Saat Haid

Pastikan kondisi fisik dan mental aman 

Terdapat beberapa tipe perempuan saat haid, yang pertama perempuan yang bisa tetap melaksanakan aktivitas saat sedang haid tanpa merasa terganggu atau tidak nyaman. Kedua, perempuan yang merasakan sakit dan nyeri saat haid tapi masih bisa melakukan aktivitas. Ketiga, cewek yang mengalami sakit dan nyeri yang luar biasa saat haid sampai mengganggu kegiatan atau bahkan bangun dari tempat tidur pun sulit.

Untuk tipe cewek pertama dan kedua bisa tetap berenang saat haid, bahkan hal itu dapat meminimalisir rasa nyeri saat haid. Sementara untuk peempuan tipe ketiga, tidak direkomendasikan berenang saat haid karena memang keadaan fisik dan mental tidak mendukung dan bisa membuat mereka semakin nggak nyaman.

Selama berenang pastikan darah tidak mengotori air

Saat kamu berada di dalam kolam renang ataupun di laut, tekanan pada air jauh lebih besar daripada tekanan dalam tubuh kamu. Peristiwa tersebut mengakibatkan darah tidak dapat keluar dari lubang vagina selama kamu di dalam air. Terkecuali kamu bersin, batuk, atau tertawa, hal itu dapat mengakibatkan darah keluar tetapi hanya dalam jumlah yang sangat sedikit dan tidak akan terlihat karena akan langsung larut dalam aliran air.

Pakai tampon atau menstrual cup

Walaupun darah tidak akan keluar selama kamu berada di dalam kolam karena tekanan air yang besar menghindari darah mengalir. Namun, tekanan akan kembali normal saat kamu keluar dari kolam dan menyebabkan darah mengalir dengan deras karena pembalut menyerap banyak air ketika kamu berada di dalam air.

Jalan keluarnya adalah gunakan tampon atau menstrual cup ketika kamu berenang, karena keduanya dapat menyerap darah haid dengan baik dan tidak akan terjadi kebocoran saat kamu keluar dari air.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.