Mana yang Lebih Bagus, Berbuka Puasa dengan yang Manis atau Air Putih?

Menu Bebuka Hari ini
Menu Bebuka Hari ini
0 Komentar

Berikut tips buka puasa yang sehat:

  • Berbukalah dengan Minum Air Putih

Hidrasi tubuh harus sangat diperhatikan saat berpuasa. Air putih adalah pilihan yang tepat, jadi berbukalah dengan minum lah 1-2 gelas air putih. Selain air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan air, dan sup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

  • Pilih Buah-buahan

Dibandingkan memilih aneka macam takjil yang tinggi gula dan santan, pilihlah buah-buahan sebagai makanan manis untuk mengembalikan energi sekaligus menghidrasi tubuh. Kurma sudah menjadi pilihan buah yang umum untuk buka puasa, karena kandungan gula dan nutrisi alaminya yang tinggi.

Tetapi, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan lainnya, seperti mangga, leci, pir atau anggur untuk mendapatkan efek yang sama. Sebaiknya konsumsilah jenis buah yang berbeda-beda tiap beberapa hari untuk mendapatkan nutrisi yang beragam.

Baca Juga:Ngeri! Kapal Tanker Meledak di Hongkong, ABK WNI Jadi Korban, Begini KeterangannyaBikin Candu, Begini Resep Ayam Geprek Jogja

  • Mulailah dengan Makanan yang Ringan

Tidak disarankan mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dan berbumbu kuat saat buka puasa. Tubuh kamu tidak menerima asupan apapun selama 12-16 jam.

Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak akan membuat perut kamu ‘kaget; yang bisa memicu terjadinya masalah pencernaan. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang ringan saat berbuka, seperti sup sayuran, sup ayam atau sup kaldu. Selain ramah di perut, mengonsumsi sup juga adalah cara yang baik untuk menghidrasi tubuh.

  • Nutrisi yang Seimbang 

Pilihlah makanan yang kaya protein, seperti tahu, kacang-kacangan, atau daging tanpa lemak. Sedangkan asupan lemak sehat bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, ikan dan alpukat. Hindari makanan cepat saji berlemak tinggi, seperti burger.

  • Konsumsi Karbohidrat

Selama puasa tubuh akan menggunakan glikogen (karbohidrat yang tersimpan) untuk energi dan aktivitas otak, sehingga penting untuk mengganti simpanan yang habis. Jadi, tambahkan banyak sayuran ke makanan kamu dan karbohidrat yang sehat. Cotohnya seperti beras merah, quinoa, pasta gandum atau ubi jalar. (hldc/yni)

 

0 Komentar