Mana yang Lebih Bagus, Berbuka Puasa dengan yang Manis atau Air Putih?

Menu Bebuka Hari ini
Menu Bebuka Hari ini
0 Komentar

Health – Kalimat ‘berbukalah dengan yang manis’ mungkin sering kali di dengar saat bulan puasa. Setelah berpuasa sepanjang hari, makanan manis memang bisa dijadikan anadalan untuk mengembalikan energi yang terkuras dengan cepat.

Tetapi, jangan lupa juga bahwa saat berpuasa, kamu tidak minum selama 12 jam atau lebih. Hal itu bisa menyebabkan tubuhmu kekurangan cairan. Maka dari itu, kamu juga perlu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan minum air putih.

Lalu manakah yang lebih baik, berbuka dengan yang manis atau air putih?

Baca Juga:Ngeri! Kapal Tanker Meledak di Hongkong, ABK WNI Jadi Korban, Begini KeterangannyaBikin Candu, Begini Resep Ayam Geprek Jogja

Mana yang Lebih Bagus, Awali Buka Puasa dengan yang Manis atau Air Putih?

Air Putih Lebih Bagus?

Dehidrasi adalah masalah kesehatan yang banyak terjadi saat bulan Ramadan. Hal tersebut pantas terjadi, karena kamu tidak menerima asupan makanan dan minuman sama sekali selama 12 jam lebih .

Untuk mendapatkan energi, tubuh akan memakai cadangan karbohidrat (yang disimpan di hati dan otot) dan lemak setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada saat sahur sudah habis.

Tetapi, tubuh tidak bisa menyimpan air, sehingga ginjal akan menghemat air semaksimal mungkin dengan mengurangi air yang terbuang dalam urine. Kehilangan air juga tidak bisa dihindari sama sekali karena kamu akan pergi ke toilet dan berkeringat saat cuaca panas.

Setelah minum air putih, barulah kamu boleh mengonsumsi makanan manis untuk memulihkan energi tubuh kamu. Tetapi, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi makanan manis sebanyak yang kamu mau.

Sebabnya, buka puasa dengan mengonsumsi banyak makanan manis bisa membuat gula darahmu melonjak dan mengakibatkan kenaikkan berat badan.

Disarankan untuk tetap membatasi makanan manis yang kamu konsumsi saat buka puasa.

Tips Buka Puasa yang Sehat

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan benar saat sahur penting supaya kamu tetap memiliki energi yang cukup untuk menjalani puasa sepanjang hari.

Baca Juga:Resep Kue Kering Untuk Lebaran, Anti GagalKondisi Terbaru Ade Hermando, Pasca Dikeroyok

Tetapi, memilih makanan dan minuman yang tepat saat buka puasa juga sangat penting supaya kebutuhan nutrisi dan cairan kamu tetap terjaga, serta menghindari terjadinya masalah kesehatan.

0 Komentar