Jaga Kebutuhan Ramadhan, Bulog Siapkan Ribuan Stok Pangan

Jaga Kebutuhan Ramadhan, Bulog Siapkan Ribuan Stok Pangan
0 Komentar

SUBANG – BULOG Kantor Cabang Subang memastikan stok kebutuhan pangan aman selama ramadan.

Begitupun menjelang Idul Fitri. Bahkan bisa mencukupi hingga akhir tahun, terutama stok beras medium mencapai 8.000 ton.

“Stok beras tersebut akan bertambah seiring saat ini sedang penyerapan musim panen padi,” ujar Yudha Ajipribawa, Pemimpin Cabang BULOG Subang.

Baca Juga:Kapolda Jabar Cek Kesiapan Mudik di Jalur Pantura, Kunjungi Pospam Panorama Pamanukan dan Simpang 4 PusakanagaraRidwan Kamil Lantik Walikota Bandung Yana Mulyana

Seiring dengan isu harga kebutuhan pangan pokok yang cenderung naik selama bulan puasa, dan menjelang idul fitri, BULOG tetap berupaya untuk menyajikan kebutuhan pangan dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau di masyarakat.

“Selain beras, BULOG juga telah menyiapkan stok pangan lain berupa daging kerbau, daging sapi, gula pasir, dan tepung terigu,” pungkas Umar Said, Wakil Pemimpin Cabang BULOG Subang, menambahkan.

Kebutuhan pembelian pangan tersebut dapat diakses oleh masyarakat pada acara bazar murah yang diselenggarakan oleh BULOG bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, BUMN dan seluruh stakeholder di Kabupaten Subang dan Purwakarta.

“Kami berkomitmen untuk memberikan harga yang jauh lebih murah khusus selama berlangsungnya bazar” ujar Umar.

Di bazar Ramadan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta pada Senin, 18 April 2022, di Desa Warung Jeruk, Kecamatan Tegalwaru, terpantau BULOG menjual daging kerbau seharga 80 ribu per kilogram, daging sapi seharga 95 ribu per kilogram, dan terigu 9.500 rupiah per kilogram. Bazar tersebut akan diselenggarakan sejak 18 hingga 28 april di 9 titik untuk 17 kecamatan di seluruh kabupaten Purwakarta.

Saat ini ribuan stok pangan selain beras yang disiapkan BULOG selama bulan ramadan terdiri dari daging kerbau sebanyak 4.000 kg, daging sapi sebanyak 5.000 kg, gula pasir sebanyak 30.000 kg dan tepung terigu sebanyak 10.000 kg.

Dalam menjaga ketersediaan pangan di masyarakat, BULOG pun membuka kerjasama dengan seluruh stakeholder untuk penyediaan kebutuhan pangan. Pesanan paket sembako baik dari Pemerintah Daerah, BUMN, maupun swasta telah mencapai ribuan paket dan siap disebarkan. Umar menjelaskan, penyediaan pemesanan paket sembako saat ini sudah mencapai hampir 10.000 paket dan untuk mekanisme penyalurannya ke masyarakat kami serahkan sepenuhnya kepada pemesan.

Baca Juga:Ridwan Kamil Serahkan Bantuan untuk 10 Parpol Sebesar Rp 55 Miliar  Pemprov Jabar Dukung Pembangunan Lima Danau Pengendali Banjir di Wilayah Bandung

Sebagaimana hal di Purwakarta, Pemkab Purwakarta bekerja sama dengan BULOG menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) dengan menyediakan sebanyak 3.377 paket sembako. Paket sembako yang berisi gula pasir 1 kilogram, minyak goreng 1 liter, terigu, kecap, sarden, mie instan dan kue kaleng yang bernilai Rp.110.000 per paket tersebut dapat dibeli oleh warga yang memiliki kupon dengan harga hanya Rp.60.000 per paket.

0 Komentar